KPU Lakukan Pengundian Nomor Urut Calon Bupati

id pengundian, nomor, urut, pilkada

Painan, (AntaraSumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesisir Selatan melakukan pengundian dan penentuan nomor urut pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015.

"Berdasarkan hasil rapat pleno, KPU Pesisir Selatan menetapkan nomor urut untuk masing-masing pasangan calon bupati dan wakil bupati Pesisir Selatan dalam Pilkada kabupaten setempat," kata Ketua KPU Pesisir Selatan Epaldi Bahar, di Painan, Selasa.

Pleno pengundian nomor urut tersebut merupakan bagian dari tahapan Pilkada 2015 yang dilaksanakan KPU Pesisir Selatan. Sesuai tahapan kerja yang ada pengundian nomor urut dilakukan terhadap tiga pasangan calon.

Ketiga pasangan calon tersebut yakni Hendrajoni - Rusma Yul Anwar diusung oleh tiga partai politik yakni Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sebanyak lima kursi, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sebanyak lima kursi dan Partai Amanat Nasional (PAN) sebanyak lima kursi, jumlah 15 kursi dari 45 kursi di DPRD kabupaten setempat.

Pasangan Editiawarman - Bakri Bakar diusung oleh Partai Hanura (4 kursi), PDIP (2 kursi), PBB (2 kursi) dan PKB (1 kusri), jumlah 10 kursi. Pasangan Alirman Sori - Raswin didukung Partai Golkar (6 kursi) dan PKS (5 kursi).

Pada pleno penetapan calon, KPU Pesisir Selatan menetapkan tiga dari empat pasangan calon yang mendaftar ke KPU sebelumnya karena pasangan Burhanuddin - Novril Anas didukung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebanyak lima kursi dan Partai Demokrat (5 kursi) tidak memenuhi syarat pencalonan.

Pada penelitian KPU setempat, Novril Anas tidak menyerahkan tanda bukti tidak mempunyai tunggakan pajak dari kantor pelayanan pajak (KPP) tempat bakal calon yang bersangkutan terdaftar ke KPU kabupaten setempat hingga batas akhir masa perbaikan yang ditentukan.

Setelah dilakukan pengundian dan penentuan nomor urut maka dilanjutkan deklarasi pemilihan bupati dan wakil bupati damai oleh kepolisian resort (Polres) setempat.

Hadir pada tahapan pilkada itu yakni Kepala Polres Pesisir Selatan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Deni Yuhasdi, Kepala Kejaksaan Negeri Painan Laswan, Ketua Panwaslu kabupaten setempat Windra dan ketiga pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Kepala Polres Pesisir Selatan Deni Yuhasdi mengharapkan pelaksanaan Pilkada 2015 di kabupaten itu dapat berjalan aman dan lancar serta damai.

"Kita berharap tidak ada ada yang disakiti dan menyakiti pada pilkada nanti. Mari sukseskan Pilkada 9 Desember 2015. Siapapun terpilih maka itulah Bupati dan wakil Bupati Pesisir Selatan lima tahun kedepan," katanya. (*)