Open Motocross Hadir di Pasaman Barat

id Open, Motocross, Pasaman Barat

Simpang Ampek, (AntaraSumbar) - Open olah raga ekstrem motocroos dan grass track kembali tampil di Kabupaten Pasaman Barat dalam rangka memeriahkan Idul Fitri 1436 Hijriah.

"Berbagai persyaratan sudah kita disiapkan sebelum hari pelaksanaannya. Acara ini rutin kita lakukan setiap tahun," kata Ketua Panitia, Ibrahim didampingi Sekretaris Ardani di Simpang Ampek, Rabu.

Para pebalap akan tampil di circuit Permanen Karya 42 Simpang Tolang, Nagari Batahan, Kecamatan Ranah Batahan, Pasaman Barat.

Kegiatan 42 Open motocross dan grass track ini diselenggerakan oleh CMRC Racing Tean dan Pemuda Simpangtolang bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumbar.

Saat ini panitia telah memiliki rekomendasi dari Pengurus Provinsi IMI Sumbar dengan No.023/IMI-Sumbar/Rek/A/VI/2015 yang ditandatangani oleh Ketua Irwan Afriadi.

Kemudian surat izin keramaian dari Polres Pasaman Barat juga sudah tuntas dan tidak ada masalah lagi.

Menurut Ibrahim, agar olahraga ini berjalan lancar sebelum iven dilakukan, surat kesepakatan telah dibuat yang ditandatangani oleh Ketua Pemuda Simpangtolang, Kepala Jorong Simpangtolang, Ninik Mamak Simpangtolang dan panitia.

Intinya, para pihak akan melakukan pengamanan yang bekerjasama dengan pihak Kepolisian setempat agar bentuk kriminalitas, curanmor, kekerasan fisik dan lainnya dapat dihindari.

Ia mengharapkan kedepannya kegiatan yang diberi tema menghilangkan kebut-kebutan di jalan raya, mengutamakan keselamatan dan prestasi di masa mendatang ini, dapat menyadarkan anak muda yang ugal-ugalan di jalan raya.

Sehingga mental generasi muda akan terbentuk ke arah yang lebih baik dan dapat menyalurkan hobi para pembalap.

Apalagi dengan iven ini anak anak muda akan dapat menumbuh kembangkan jiwa olahraganya daripada ugal-ugalan tadi.

Bagi yang berminat ikut jadi peserta dapat menghubungi panitia dengan kontak person Ibrahim (0823 8782 4333) dan Ardani (0812 7073 2846).

Pendaftaran dibuka di Simpangtolang pukul 08.00 sampai dengan pukul 24.00 pada tanggal 14-19 Juli 2015.

Syarat pendaftaran membayar uang pendaftaran Rp150 ribu dan menambah kelas Rp100 ribu perkelas yang dilombakan. Setiap peserta sudah termasuk asuransi jiwa peserta.

Kelas yang diperlombakan iven ini yakni, Campuran s/d 250 CC Terbuka (khusus sport), kelas Bebek 4T Modifikasi s/d 130 CC Terbuka, Kelas Bebek 2T Modifikasi s/d 125 CC Terbuka, Campuran s/d 250 CC Junior Sumbar (khusus sport), Kelas Bebek s/d 130 CC Junior Sumbar.

Lalu ada Campuran s/d 250 CC Lokal Pasaman Barat/Timur. Kelas Bebek s/d 250 CC Lokal Pasaman Barat/Timur, Campuran Lokal Ranah Batahan (khusus sport) dan terakhir Kelas Bebek s/d 130 CC Lokal Ranah Batahan. Hadiah perlombaan ini totalnya mencapai Rp35 juta.

"Kemudian hadiah utamanya ini yakni satu unit sepedamotor, lalu ada karcis hadiah/door price seperti lemari es, kipas angin, TV dan hadiah menarik lainnya," sebut Ibrahim.

Ia mengatakan perlombaan ini dilaksanakan berdasarkan pada semua peraturan dasar olahraga Sepeda Motor Nasional dan ketentuan yang dikeluarkan oleh Pengurus Provinsi Sumbar IMI serta keputusan, ketentuan, instruksi pimpinan perlombaan baik secara lisan dan tulisan. (*)