Lengayang Gelar Lari 10 KM Peringati Hardiknas

id Pesisir, Selatan, Lengayang, Lari 10 KM, Hardiknas

Painan, (Antara) - Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menggelar lari 10 KM dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

"Acara ini sengaja kami gelar untuk memperingati Hardiknas," kata Ketua Persatuan Atlet Indonesia (Pasi) Lengayang, Harnofi Delfi didampingi Ketua Pelaksana Usman M. Nur, Minggu.

Dalam acara yang digelar pada Minggu pukul 08.00 WIB itu, peserta yang hadir hampir mewakili seluruh kecamatan yang ada di kabupaten itu.

"Kami bersyukur kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat Pesisir Selatan hampir tiap kecamatan perwakilannya mengikuti lomba ini," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, selain untuk memperingati Hardiknas, event ini juga bertujuan untuk menjaring atlet muda Pesisir Selatan.

"Semoga dalam acara ini muncul calon-calon atlet baru, yang siap mengharumkan nama Pesisir Selatan, Sumatera Barat dan Indonesia secara umum," tuturnya.

Zugeng (19), salah satu peserta, mengatakan agar kegiatan ini dilaksanakan lagi.

"Menjadi atlet terkenal itu tidak harus orang kota. Kami dari daerahpun siap, maka dari itu saya berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan lagi," katanya.

Lari 10 KM dimulai di depan Kantor Camat Lengayang, dibuka langsung oleh Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit dan Camat Lengayang Alfis Basyir, Pasi Lengayang, dan seluruh pihak terkait dalam kegiatan serta masyarakat sekitar.

Juara pertama dalam acara lari 10 KM ini mendapatkan hadiah Rp1 juta dan jumlah peserta 315 orang dan juara pertama diraih oleh peserta asal, Painan Musliyadi dengan nomor dada 0674 catatan waktu 40,14 menit.

Pada acara itu Bupati Pesisir Selatan berpesan agar acara ini tetap digelar pada tahun berikutnya.

"Ini merupakan salah satu acara yang positif dan acara ini harus tetap digelar," katanya. (cpw10)