Anies Baswedan Diyakini akan Kembangkan Perpustakaan

id Anies Baswedan Diyakini akan Kembangkan Perpustakaan

Jakarta, (Antara) - Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah Anies Baswedan diyakini oleh pustakawan akan mengembangkan dan memajukan perpustakaan sekolah, daerah, dan nasional.

"Saya yakin Anies Baswedan dengan senang hati membantu kami, karena dia seorang akademisi yang menyadari fungsi perpustakaan untuk meningkatkan wawasan dan mencerdaskan bangsa," kata Pustakawan Muda Perpustakaan Nasional Yeri Nurita di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan bahwa mantan Rektor Universitas Paramadia tersebut sebaiknya membuat sejumlah terobosan agar perpustakaan lebih dekat dengan masyarakat.

"Kadang-kadang perpustakaan itu suka dianggap sepele oleh sebgaian masyarakat. Jadi kami membutuhkan bantuan menteri untuk membuat perpustakaan semakin disenangi masyarakat," katanya.

Yeri mengatakan bahwa perpusatakaan tidak hanya sebagai tempat menyimpan buku, tetapi juga tempat dilakukannya berbagai kegiatan positif lainnya, seperti seminar atau pameran.

"Jadi masyarakat itu harusnya lebih menyadari betapa petingnya peran perpustakaan," kata dia.

Ia mencontohkan, selain buku, Perpustakaan Nasional memiliki sekitar 10.334 naskah yang terdiri dari berbagai aksara dan bahasa, yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dan luar negeri.

"Jika Perpustakaan Nasional lebih dikembangkan oleh menteri, maka juga akan berdampak baik terhadap perpustakaan lain, karena fungsinya sebagai pembina perpustakaan di seluruh Indonesia," ujarnya. (*/sun)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar