Dari Pacu Perahu Hingga Panjat Pinang Digelar di Perairan Danau Maninjau

id Lomba Kemerdekaan

Dari Pacu Perahu Hingga Panjat Pinang Digelar di Perairan Danau Maninjau

(ANTARA FOTO/Maril Gafur)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Warga Koto Gadang Anam Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menggelar pelbagai perlombaan di perairan Danau Maninjau untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-72.

Ketua Pemuda Koto Gadang Anan Koto, Gusmardi di Lubukbasung, Kamis, mengatakan lomba yang diadakan itu seperti makan kerupuk, panjat pinang, balap goni, perahu menggunakan tangan, tarik tambang dan memukul menggunakan bantal yang semuanya dilaksanakan di perairan Danau Maninjau.

"Semua kegiatan itu kita gelar di danau yang diikuti oleh anak-anak, pemuda dan ibu rumah tangga di Nagari Koto Gadang Anak Koto, Nagari Koto Malintang dan Nagari Koto Kaciak," ujarnya.

Panitia, tambahnya menyediakan tabanas, hadiah hiburan berupa elektronik, pakaian dan peralatan sekolah.

Hadiah ini berasal dari sumbangan warga dan pemerintah nagari.

"Kegiatan ini terlaksana atas dukungan dari pemerintah nagari, masyarakat, ninik mamak dan mahasiswa kuliah kerja nyata dari Universitas Islam Negeri Bukittinggi," katanya.

Ia menambahkan kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya diadakan karena pada hari kemerdekaan ke-71 2016 juga diadakan kegiatan serupa.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan keindahan danau vulkanis ini ke masyarakat banyak.

Selain itu untuk mendukung program "Save Maninjau" yang telah diluncurkan Pemkab Agam.

"Dengan kegiatan ini masyarakat mencintai danau tersebut, sehingga mereka tidak menambah pencemaran sehingga pencemaran di danau akan berkurang," harapnya.

Ke depannya kegiatan ini bakal digelar di lokasi ini dengan jumlah perlombaan lebih banyak lagi dan berharap kegiatan itu dapat dukungan dari instansi pemerintah.

"Kami menginginkan kegiatan ini menjadi agenda dari Pemkab Agam untuk menarik wisatawan ke danau ini," katanya.

Wakil Ketua Kerapatan Adat Nagari Koto Gadang Anam Koto, Ridwan Saleh, memberikan apresiasi kegiatan yang diadakan pemuda dalam memeriahkan hari kemerdekaan dan ini sebagai hiburan dari masyarakat.

"Masyarakat sangat antusias melihat kegiatan itu, sehingga masyarakat berkumpul di lokasi semenjak dimulainya kegiatan itu sampai selesai," katanya.

Ke depan, tambahnya kegiatan ini harus dikemas dengan baik dan dipersiapkan beberapa bulan menjelang hari kemerdekaan RI. (*)