GAS Sawahlunto Juara Jordus Cup XV 2017

id Jordus Cup, GAS Sawahlunto

GAS Sawahlunto Juara Jordus Cup XV 2017

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi didampingi Wali Kota Sawahlunto Ali Yusuf, Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma, Ketua DPRD Anton Yondra, Kabag Sumda Polres Tanah Datar Kompol Ishack, dan Pembina Jordus Cup Yasman Yanusar, foto bersama dengan para pemain GAS Sawahlunto usai menjuarai Jordus Cup XV di Lapangan Pulai, Nagari Sungayang, Rabu (5/7). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Tim sepakbola GAS Sawahlunto menjadi juara turnamen Jordus Cup XV 2017 yang diikuti delapan klub sepakbola di Sumatera Barat dan Riau di Lapangan Pulai, Nagari Sungayang, Tanah Datar, Rabu sore.

Kesebelasan GAS Sawahlunto merebut Piala Bergilir Jordus Cup setelah mengalahkan tuan rumah Jordus FC dilaga final dengan skor 2-0.

Di babak pertama kesebelasan GAS Sawahlunto unggul 1-0. Gol pembuka diciptakan Fajri di menit 25. Pemain GAS Sawahlunto lebih menguasai pertandingan. Cukup banyak peluang gol yang tercipta, namun hanya satu gol berhasil diciptakan selama 45 menit pertama.

Di babak kedua, anak-anak Jordus FC yang dikomandoi Antonio Claudio Toyo terus meningkatkan serangan. Namun yang berhasil menciptakan gol kembali pemain depan Sawahlunto Fajri lewat tendangan keras pada menit ke-60.

Tertinggal 0-2, para pemain Jordus FC yang Manager Ujang Ikbar berusaha meningkatkan serangan dan upaya ini belum membuahkan hasil hingga wasit Ego Sisnari meniup peluit panjang tanda pertandingan usai, sehingga GAS Sawahlunto berhak membawa pulang Piala Jordus XV.

Piala Bergilir Jordus Cup diserahkan Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi kepada kapten GAS Sawahlunto, Jefri sedangkan piala tetap dan uang pembinaan sebesar Rp10 juta diserahkan anggota DPRD Sumbar, Rizanto Algamar.

Untuk piala Juara II dan uang tunai sebesar Rp6 juta diserahkan Ketua PSSI Tanah Datar, Zuldafri Darma kepada kapten Jordus FC Toyo.

Sementara pemain terbaik diberikan kepada pemain GAS Sawahlunto, Rahmad dan berhak membawa pulang uang tunai sebesar Rp1 juta dan tropi yang diserahkan Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra.

Pada acara penutupan, Bupati Irdinansyah menyampaikan apresiasi kepada panitia dan masyarakat Nagari Sungayang yang terus menggelar turnamen sepakbola ini sampai yang 15 kalinya.

"Pemerintah daerah akan terus mendorong upaya mayarakat dalam meningkatkan prestasi di bidang olahraga khususnya sepakbola, sehingga diharapkan tahun depan turnamen ini tetap terselenggara," katanya.

Pembina Turnamen Jordus Cup Yasman Yanusar menjelaskan pergelaran turnamen Jordus Cup XV ini dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah sekaligus menjalin tali silaturahim antara masyarakat dengan para perantau yang pulang kampung.

Ia menyebutkan turnamen ini sudah berlangsung sejak 1996 dan diharapkan masyarakat dapat memeriahkan turnamen ini dengan menyaksikan pertandingan sepakbola yang diikuti delapan klub papan atas di Sumbar dan Riau.

Delapan klub yang berlaga adalah Dharmasraya FC, Gasliko Payakumbuh, Aroma Taram Payakumbuh, GAS FC Sawahlunto, Pelalawan Riau, PSP Padang, Nabil FC Pekanbaru, dan tuan rumah Jordus FC Tanah Datar.

"Sementara bagi penonton yang beruntung, panitia memberikan door prize yang berasal dari pihak sponsor seperti Toko Rafhely, Central Busana, Oxygen, Delila Mart, Rockweld, dan Biblo Style," katanya.

Pertandingan yang cukup sengit ini disaksikan juga Wali Kota Sawahlunto, Ali Yusuf, Kepala Dinas Parpora, Edisusanto, Kabag Sumda Polres Tanah Datar, Kompol Ishack, Camat Sungayang Aslamudin, Danramil Kapten Syamsinir, Kapolsek Iptu Irwan, dan sekitar seribuan pecandu sepakbola di Tanah Datar. (*)