Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di Pesisir Selatan Turun

id Ramadhan, Harga, Sembako, Pessel

Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di Pesisir Selatan Turun

Ilustrasi - bahan kebutuhan pokok.

Painan, (Antara Sumbar) - Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, turun menjelang masuknya Ramadhan 1438 Hijriah diantaranya bawang merah, cabai dan ikan teri.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Pesisir Selatan, Firdaus di Painan, Rabu, mengatakan bawang merah turun dibandingkan sehari sebelumnya dari Rp26 ribu per kilogram menjadi Rp24 ribu, cabai merah besar dari Rp30 ribu per kilogram menjadi 28 ribu dan ikan teri dari Rp80 ribu per kilogram menjadi Rp60 ribu.

Sementara harga yang masih sama dengan sehari sebelumnya diantaranya beras medium Rp12,5 ribu per kilogram, daging sapi Rp130 ribu per kilogram, daging ayam Rp30 ribu per kilogram, telur ayam Rp22,4 ribu per kilogram dan gula pasir Rp13,5 ribu per kilogram.

Ia menyebutkan, belum terjadi lonjakan harga signifikan sejak beberapa pekan terakhir, namun pihaknya akan terus memantau pergerakannya.

Menurutnya, harga kebutuhan biasanya akan lebih mahal sepekan menjelang masuknya Ramadhan dan bertahan hingga pertengahan Ramadhan seterusnya kembali stabil.

Selanjutnya akan kembali mahal sepekan menjelang masuknya Hari Raya Idul Fitri dan setelah itu bertahan hingga perayaan Idul Fitri selesai.

Ia mengatakan mahalnya harga kebutuhan pokok pada waktu-waktu tersebut memang sulit dihindarkan karena meningkatnya permintaan dan disamping itu ada juga oknum pedagang yang memanfaatkan situasi tersebut.

Menyiasati situasi itu pihaknya berencana akan menggelar operasi pasar di 15 pasar kecamatan yang terdapat di daerah itu.

Kepala Bulog Divisi Regional Sumatera Barat, Benhur Ngkaimi mengaku akan menyiapkan tiga unit lemari pendingin masing-masing kapasitas 10 ton untuk penyimpanan cabai guna memenuhi kebutuhan selama Ramadhan.

Lemari pendingin tersebut akan diletakkan di Pasar Raya Padang. Namun cabainya bisa didistribusikan ke seluruh daerah di Sumatera Barat. (*)