TNI AU Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

id TNI AU

TNI AU Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

TNI AU (Antara)



Padang, (Antara Sumbar) - TNI AU Pangkalan Udara (Lanud) Sutan Sjahrir, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) berupaya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan mengadakan pengobatan gratis di daerah tersebut.

Komandan Lapangan Udara Sutan Sjahril Kolonel Pnb. I Putu Gede Suartika di Padang, Sabtu mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka memperingati HUT TNI AU yang ke 71 sekaligus peringatan bulan bakti Dirgantara.

Ia menjelaskan, seluruh elemen masyarakat diterima untuk mendapatkan pengobatan di sana, tanpa memandang berasal dari keluarga mampu atau tidak mampu, baik ras maupun agama dengan target sebanyak 300 orang.

"Intinya bagaimana masyarakat menjadi sehat, dengan pengobatan ini," kata dia.

Dengan adanya pengobatan gratis tersebut masyarakat dapat mendeteksi secara dini kondisi kesehatannya, sehingga dari hal itu dapat diperoleh gambaran dan tindaklanjut jika menderita suatu penyakit.

Peringatan HUT TNI AU yang ke 71 diperingati pada 9 April 2017, dimana sebelumnya katanya, TNI AU Lanud Sutan Sjahrir juga telah melaksanakan bakti sosial lainnya dengan menggelar donor darah.

"Dari donor darah yang dilakukan itu didapatkan sekitar 130 kantong darah," katanya.

Pengobatan gratis yang digelar oleh TNI AU Lanud Sutan Sjahrir tersebut bekerjasama dengan yayasan Buddha Tzu Chi Padang yang bergerak dalam bidang sosial.

Sementara Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Padang, Widya Kasuma Laurenzi mengatakan sebanyak 80 relawan dari Buddha Tzu Chi dikerahkan dalam rangka memberikan pengobatan gratis bagi masyarakat.

"Kemudian dokter sebanyak delapan orang dan perawat sepuluh orang," ujarnya.

Ia berharap pelaksanaan pengobatan gratis tersebut dapat berjalan dengan lancar, serta masyarakat dapat menjadikan hal tersebut nantinya sebagai tindak lanjut jika mengalami penyakit yang serius. (*)