Gubernur: Media Ikut Berkonstribusi Tentukan Arah Pembangunan Daerah

id #gubernur-media-berita

Gubernur: Media Ikut Berkonstribusi Tentukan Arah Pembangunan Daerah

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. (Antara)

Padang, (Antara) Gubernur Sumatera Barat Irwan Praytino menyampaikan media massa ikut berkontribusi dalam menentukan arah pembangunan di daerah, sehingga perlu disamakan persepsi agar mencapai tujuan yang sama.

"Tujuan pembangunan secara menyeluruh dalam aspek di masyarakat agar bisa lebih baik. Tapi dalam pemberitaan media ke arah yang negatif, tentulah hasil kurang baik oleh masyarakat," katanya di Padang, Jumat.

Justru itu, penyamaan persepsi antara pemerintah daerah dengan jajaran pimpinan redaksi dan pimpinan media cukup penting, sehingga dibangun komunikasi secara baik.

Tapi, bukan pula pemerintah provinsi akan mengintervensi media dalam pemberitaan dan silahkan dengan kreatif masing-masing wartawan dalam melihat arah pembangunan.

"Tidak ada intervensi dari pemerintah provinsi dalam pemberitaan media, silah jalankan tugas sesuai dengan etika yang ada. Kami minta samakan persepsi terhadap program pembangunan," katanya.

Penyamaan pandangan ini, terutama dengan para pemimpin redaksi sebagai kendali berita yang diterbitkan, sehingga hasil dipublikasikan secara obyektif dengan itikad yang baik.

Keberadaan media adalah wadah untuk sosialisasi program pembangunan, tapi tentunya yang disampaikan secara tepat, dan bukan berarti kalau ada yang kurang dibuat bagus-bagus.

"Dampak persepsi yang tidak sama, sudah banyak contoh pemberitaan yang membentuk opini yang keliru di masyarakat," kata gubernur saat silaturrahim dengan Pempred media cetak, online, radio dan televis di gubernuran.

Dalam diskusi tersebut, ada masukkan pula dari para pemimpin redaksi demi untuk membangun komunikasi yang baik dalam menyukseskan pembangunan di Sumatera Barat.

Selain itu, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan pemerintah provinsi, lebih mampu mengkomunikasikan program pembangunan ke media.***