Wali Kota Solok: Media berperan sosialisasikan program pemerintah

id Wako Solok sebut, media berperan, penting sosialisasikan, program pemerintah

Wali Kota Solok: Media berperan sosialisasikan program pemerintah

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar saat buka bersama dengan rekan-rekan media di rumah dinas. ANTARA/HO-Diskominfo Solok

Solok (ANTARA) - Wali Kota Solok Zul Elfian Umar menyebut bahwa media memiliki peranan yang sangat penting dalam menyosialisasikan dan mempromosikan program pemerintah ke tengah-tengah masyarakat.

"Terima kasih kepada para wartawan yang telah membantu pemerintah Kota Solok melakukan penyebarluasan informasi, melalui berbagai saluran informasi yang ada, baik melalui media cetak, media elektronik, maupun media daring," kata Zul di Solok, Selasa.

Ia menyadari bahwa pemerintah Kota Solok tidak bisa berdiri sendiri dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, sehingga diperlukan kerja sama yang baik dengan segenap insan pers atau media massa.

Pemerintah Kota Solok telah melaksanakan kerja sama dengan media massa untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Informasi yang disampaikan berupa program kerja dan capaian-capaian pemerintah daerah yang telah dituangkan dalam visi besar terwujudnya Kota Solok yang diberkahi, maju, dan sejahtera melalui pengembangan sektor perdagangan dan jasa yang moderen.

“Selama tiga tahun kepemimpinan kami berbagai capaian pembangunan telah dapat kita usahakan bersama untuk kemajuan dan kesejahteraan Kota Solok,” ucapnya.

Berjalannya proyek strategis yang bersumber dari anggaran pemerintah pusat dan provinsi seperti pembangunan RSUD Kota Solok dengan anggaran Rp100 miliar, pembangunan GOR H Marah Adin senilai Rp26 miliar, normalisasi Batang Lembang melalui APBN senilai Rp62 miliar.

Selanjutnya, pembangunan embung Batang Binguang dengan anggaran Rp20,687 miliar dari APBN, pembangunan dan pemugaran 18 masjid dari APBD Kota Solok, revitalisasi Pasar Raya Solok, pembangunan jalur pedestrian, pengembangan kawasan wisata Pulau Belibis dan Batu Patah Payo, dan penyelesaian Jalan Lingkar Utara dari APBN tahun 2024 yang saat ini dalam proses lelang dengan anggaran Rp62,5 miliar.

Lalu program jaminan dan perlindungan sosial Solok Sehat Sejahtera juga telah diwujudkan melalui program Jaminan Perlindungan Kesehatan Seluruh Warga Kota (Jamkesko), program perlindungan pekerja rentan sektor informal dan berpenghasilan rendah kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, Program sosial Gebuk Sakuku, dari ASN dan masyarakat untuk membantu warga yang kurang mampu.

“Gambaran pembangunan makro Kota Solok dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Tahun 2022 ekonomi Kota Solok tercatat tumbuh positif 4,6% dan tahun 2023 tercatat naik 4,81%. Pendapatan perkapita Kota Solok tahun 2021 tercatat Rp57,010 juta, tahun 2023 naik menjadi Rp67,599 juta, lebih tinggi dibanding Provinsi Sumatera Barat. Tingkat ketimpangan pendapatan (Gini Ratio) menunjukkan perbaikan tiga tahun terakhir. Tahun 2021 tercatat 0,277 dan tahun 2023 menjadi 0,256,” sebutnya.

Ia juga mengatakan bahwa media juga telah membantu pemerintah kota dalam pemberitaan serta publikasi capaian dan penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kota Solok seperti penghargaan atas pelaksanaan pemerintahan yang mendapatkan opini WTP tujuh kali berturut-turut.

Lebih lanjut, penghargaan kepatuhan Penyelenggaraan Layanan Publik tahun 2023 Kategori BAIK dengan nilai 84,88, Daerah Tertib Ukur dari Kementerian Perdagangan, Pengelolaan Statistik Daerah Terbaik, IGA Award 2023 (Pemerintahan yang Inovatif), Universal Health Coverage (UHC) Award 2023, Kota Sehat 2023, SPBE Award 2023.

Penghargaan Kota Layak anak kategori Nindya, Kota Peduli HAM tahun 2023, Penghargaan Pastika Awya Pariwara dari Kementerian Kesehatan, penghargaan keaktifan di layanan Pusat Data Nasional, penghargaan atas pengelolaan BUMD, penghargaan Nirwasita Tantra dan Piala Adipura tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan serta penghargaan lainnya yang diterima oleh Pemerintah Kota Solok.

Selain itu, media massa juga telah berkontribusi besar atas terselenggara dan suksesnya ajang-ajang yang berlangsung di Kota Solok, seperti kesuksesan Kharisma Event Nusantara Rang Solok Baralek Gadang yang telah dilaksanakan dengan sangat baik, dan saat ini telah menjadi salah satu ajang pariwisata budaya nasional.

“Saya atas nama pemerintah Kota Solok mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perjalanan kerja sama media dalam penyebarluasan informasi yang selama ini pemerintah kota dan media massa lakukan," ujar dia.