Menag Resmikan Gedung SBSN IAIN Bukittinggi

id Lukman Hakim Saifuddin

Menag Resmikan Gedung SBSN IAIN Bukittinggi

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (Antara)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin meresmikan gedung Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar).

"Seiring peresmian gedung yang pembangunannya bersumber dari dana SBSN ini, diharapkan dapat menunjang kegiatan perkuliahan menjadi lebih baik," katanya di Bukittinggi, Kamis (23/2).

Ia mengatakan pihak Kementerian Agama berupaya agar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terus berkembang tidak hanya dari segi sarana namun juga kompetensi di setiap perguruan tinggi.

"Namun bila hanya mengandalkan dana APBD maupun APBN kemungkinan akan lama sehingga kami dorong agar mencari sumber dana lain dalam upaya menguatkan PTKIN di Indonesia.

Ia menyebutkan saat ini terdapat 56 PTKIN yang bebentuk sekolah tinggi, institut agama islam negeri dan universitas islam negeri.

Rektor IAIN Bukittinggi, Ridha Ahida mengatakan gedung yang diresmikan terdiri dari empat gedung kuliah dan satu gedung dosen yang pembangunannya bersumber dari dana SBSN.

"Peningkatan saran dan prasarana perkuliahan terus diupayakan agar penyelenggaraan pendidikan dapat berlangsung lebih luas," katanya.

IAIN Bukittinggi saat ini memiliki dua kampus berlokasi di Garegeh dan Kubang Putih dengan empat fakultas, 23 jurusan dan mahasiswa berjumlah 7.617 orang..

"Di tahun 2016, peminat mencapai 14.500 orang sementara daya tampung hanya 1.748 orang sehingga peningkatan sarana pendidikan penting untuk dilakukan," ujarnya.

Ia menyebutkan IAIN saat ini tengah membangun kampus ke tiga berlokasi di Pintu Kabun dengan luas lahan 20 hektar dan diharapkan pembangunannya selesai pada tahun ini. (*)