Sumbar Potensial Jadi Kiblat Sepak Bola Nasional

id PSSI

Sumbar Potensial Jadi Kiblat Sepak Bola Nasional

( )

Padang, (Antara Sumbar) - Anggota Komite Eksekutif (EXCO) PSSI Pusat, Verry Mulyadi menilai Sumatera Barat bisa dijadikan kiblat sepak bola Indonesia, dikarenakan Sumbar mempunyai beberapa pelatih yang terkenal memimpin klub sepak bola nasional.

"Sumbar mempunyai sumber daya manusia yang lengkap salah satunya terdapat pelatih yang andal," katanya di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan pihaknya akan berusaha memajukan dunia sepak bola Indonesia dengan memulai dari daerah, maka dari itu di setiap daerah perlu adanya pelatihan dan pembinaan khusus terkait SDM tersebut.

"Kami juga akan membentuk tim nasional yang dapat bersaing di kancah internasional, tentunya hal tersebut tidak terlepas dengan banyak latihan yang dilakukan dan pelaksanaan turnamen daerah," ujarnya.

Ia mengatakan hingga saat ini pembinaan serta pelaksanaan turnamen tersebut tidak berjalan dengan semestinya.

Menurutnya untuk membentuk tim Nasional yang tangguh memerlukan pembinaan dasar yang diberikan pelatih sejak usia dini. Teknik dasar itu sangat vital untuk perkembangan pemain ke depannya.

Ia mengharapkan dukungan penuh dari PSSI selaku induk olahraga sepakbola Indonesia menunjuk Instruktur-Instruktur untuk turun ke daerah-daerah memberikan ilmu kepelatihan secara berkala, baik itu Lisensi A, Lisensi B, hingga pelatih.

"Sebagai tolak ukur dari pembinaan seorang pemain untuk membentuk tim Nasional yang tangguh, minimal harus mengikuti turnamen resmi minimal 35 kali dalam setahun tidak temasuk ujicoba, ataupun even-even skala daerah," jelasnya. (*)