Legislator Imbau Pemda Fasilitasi Shalat Minta Hujan

id shalat, minta, hujan

Padang, (AntaraSumbar) - Anggota Komisi IV DPR Hermanto mengimbau pemerintah daerah memfasilitasi pelaksanaan Shalat Istisqa (minta hujan) sebagai salah satu upaya mengatasi kekeringan yang melanda sejumlah wilayah di Tanah Air.

"Pelaksanaan Shalat Istisqa merupakan salah satu solusi, pemerintah daerah dapat bekerja sama dengan Majelis Ulama di daerah untuk melaksanakan," kata dia saat dikonfirmasi dari Padang, Kamis.

Menurut dia, Shalat Istisqa serta doa bersama masyarakat untuk meminta hujan diturunkan adalah salah satu bentuk ikhtiar mengatasi kekeringan yang terjadi.

"Apalagi Shalat Istisqa merupakan cara yang mudah dan murah untuk mendatangkan hujan," ujarnya.

Ia menceritakan pada 24 Juli 2015 mengikuti Shalat Istisqa beserta sekitar seribu warga Bogor yang difasilitasi pemerintah setempat.

"Sore harinya hujan turun bahkan hingga tiga hari setelah itu Bogor masih diguyur hujan," kata dia yang berasal dari daerah pemilihan Sumbar.

Hermanto mengatakan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan El Nino terjadi sepanjang Agustus sampai Desember 2015 dan berpotensi mengganggu musim panen padi yang akan berlangsung pada September-Oktober.

Kekeringan terparah akan melanda Pulau Jawa sehingga pemerintah harus berusaha mengantisipasi dampak kekeringan dengan berbagai cara seperti menyebar pompa, memaksimalkan irigasi dan embung.

Sebelumnya warga Padang telah melaksanakan Shalat Istisqa pada 7 Juni 2015 difasilitasi Pemerintah Kota Padang.

Sekitar satu jam usai menunaikan shalat Istisqa, hujan turun mengguyur wilayah Padang, meskipun intensitasnya tidak begitu lebat. (*)