IPDN Kampus Sumbar Adakan Pelatihan Pemanfaatan AI Bagi 70 Guru Payakumbuh

id IPDN Kampus Sumbar

IPDN Kampus Sumbar Adakan Pelatihan Pemanfaatan AI Bagi 70 Guru Payakumbuh

Pembukaan pelatihan pemanfaatan artificial intelegence (AI) bagi 60 guru Sekolah Dasar (SD) dan SMP se-Kota Payakumbuh di Dinas Pendidikan setempat, Jumat (25/10). Dok HO/Dosen IPDN Kampus Sumbar

Payakumbuh (ANTARA) - Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di era digital, Dosen Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sumatera Barat mengadakan pelatihan pemanfaatan artificial intelligence (AI) bagi 70 guru Sekolah Dasar (SD) dan SMP se-Kota Payakumbuh di Aula Dinas Pendidikan setempat, Jumat (25/10).

Direktur IPDN Kampus Sumbar yang diwakili Yetty Sembiring, mengatakan pelatihan ini merupakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Keuangan Publik dan Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan Fakultas Manajemen Pemerintah IPDN Kampus Sumbar.

Kegiatan ini bertujuan

untuk meningkatkan kepedulian sosial dan kerjasama dengan pemerintah daerah dalam meningkatkan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi AI ke dalam proses pembelajaran khususnya di Kota Payakumbuh.

"Ini bentuk sinergi antara IPDN dan karena adanya Prodi Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintah dalam digitalisasi layanan publik kepada masyarakat," katanya.

Ia menambahkan, pengabdian tersebut sebagai wujud daripada Tridarma perguruan tinggi dengan melibatkan praja IPDN. Melalui kegiatan ini, diharapkan para guru dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi AI untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif.

Kegiatan itu dengan perwakilan dari Prodi Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintah serta Prodi Keuangan Publik Fakultas Manajemen Pemerintahan.

"Dua Prodi ini kita libatkan dalam pengabdian tersebut," katanya.

Dalam pelatihan ini, para guru dibekali dengan pengetahuan praktis tentang penggunaan AI dalam pendidikan, termasuk teknik mengoptimalkan prompt ChatGPT untuk pengembangan materi pembelajaran dan pemanfaatan Gamma AI untuk menciptakan konten pembelajaran yang lebih menarik. Para peserta juga mendapatkan pemahaman tentang etika penggunaan AI dalam pendidikan.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dasril menambahkan pelatihan ini merupakan langkah strategis dalam rangka meningkatkan kemampuan guru dalam artificial intelligence (AI) untuk mendukung pembelajaran dengan fokus pada optimalisasi prompt ChatGPT, Gamma AI serta pengenalan dan pemanfaatan AI. Hal ini sejalan dengan program transformasi digital pendidikan di Pemerintah Kota Payakumbuh.

"Ini untuk mendukung pembelajaran dengan optimalisasi prompt ChatGPT, Gamma AI serta pengenalan dan pemanfaatan AI," katanya.

Ia menambahkan akan ada output kegiatan setelah pelatihan dengan implementasi optimalisasi prompt ChatGPT dan Gamma AI serta perpaduan keduanya dalam penggunaan pembelajaran oleh guru SD dan SMP yang nanti akan dinilai para dosen IPDN. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu guru mengembangkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan sesuai dengan tuntutan era digital.

Hadir saat pelatihan itu, Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh, Sekretaris Dinas Pendidikan Danil Defo; Kabid PTK Dinas Pendidikan Payakumbuh Fiqih Rahmat, Dosen IPDN Kampus Sumbar, Ardieansyah, Elvira Mulya Nalien, Fitri Dwi Yulmarta, Wenty Zahrati dan Yetty Sembiring; Serta Praja Muda IPDN Kampus Sumbar, Prodi Teknologi rekayasa informasi pemerintahan Muh.Rifky Ramadhan, Tri Harimurti Prawirayuda, Tasya Nur Liwentina, serta prodi Keuangan Publik Rachmat Adji Sudrajat dan Zaneta Nathania.

Pelatihan ini merupakan langkah strategis dalam mempersiapkan tenaga pendidik yang adaptif terhadap perkembangan teknologi. Melalui kolaborasi antara IPDN Kampus Sumbar dan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, diharapkan dapat tercipta ekosistem pendidikan yang lebih inovatif dan berkualitas. Ke depannya, para guru dapat mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah masing-masing, sekaligus mempersiapkan generasi yang siap menghadapi tantangan era digital.