PLN dan Kementerian ESDM Gaspol, Balap Motor Listrik Konversi Putaran Ke-2 Sukses Digelar di Bogor

id PT PLN,PLN EV Conversion Race 2024

PLN dan Kementerian ESDM Gaspol, Balap Motor Listrik Konversi Putaran Ke-2 Sukses Digelar di Bogor

Penyerahan hadiah kepada pemenang EV Conversion Race 2 kategori 2kW di Sentul International Karting Circuit. Keterangan foto: Direktur Manajemen Pembangkitan PLN, Adi Lumakso (kedua dari kanan), Juara 1 EV Conversion Race 2, Reykat Yusuf Fadilah (kedua dari kiri), Juara 2 EV Conversion Race 2 Muhammad Al Farizi (kiri), dan Juara 3 EV Conversion Race 2 Ahmad Saugi (ketiga dari kanan).

Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) sukses menggelar PLN EV Conversion Race 2024 Putaran ke-2 di Sentul International Karting Circuit, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Minggu (13/10). Event putaran kedua ini merupakan lanjutan dari PLN EV Conversion Race 2024 putaran pertama yang diselenggarakan pada 22 September 2024 lalu. Acara ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Ajang ini memperlombakan tiga kategori yaitu, EV Conversion Race, EV Conversion Endurance Race, dan Live Conversion Competition dengan total hadiah mencapai Rp 222 juta.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Eniya Listiani Dewi mengungkapkan bahwa Pemerintah berkomitmen untuk menurunkan emisi karbon di sektor transportasi. Oleh sebab itu, pihaknya sangat mengapresiasi setiap pihak yang berinovasi untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di tanah air, termasuk dalam hal ini adalah penyelenggaraan PLN EV Conversion Race 2024.

"Terima kasih kepada PLN yang telah mendukung penuh EV Conversion Race ini. Semoga masyarakat semakin yakin untuk memilih kendaraan listrik atau motor konversi," ujarnya.

Eniya menjelaskan bahwa program konversi kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik telah dimulai sejak 2020. Pihaknya menegaskan upaya ini akan terus diperluas dengan insentif serta kerja sama lintas sektor.

Apalagi, lanjut Eniya mengatakan konversi kendaraan listrik ini melibatkan berbagai sektor dan menciptakan banyak peluang kerja baru bagi tenaga kerja lokal, terutama lulusan Sekolah Menengah Kejuruan.

“Jadi, kami sudah bekerja sama dengan Dirjen Vokasi untuk mendorong SMK-SMK untuk bisa mengkonversi kendaraan bensin menjadi listrik,” ujar Eniya.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa PLN berkomitmen penuh untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Penyelenggaraan PLN EV Conversion Race 2024 putaran kedua ini sekaligus menjadi langkah konkret perseroan dalam mendukung program transisi energi yang telah dicanangkan Pemerintah.

"Keberhasilan PLN EV Conversion Race seri 2 ini selaras dengan upaya PLN dalam mendukung transisi energi melalui sektor transportasi. Ini adalah langkah nyata kami untuk menekan emisi dan menghadirkan masa depan yang lebih bersih," ujar Darmawan.

Selain itu, Darmawan juga berharap dengan adanya PLN EV Conversion Race 2024 putaran kedua ini masyarakat bisa menyaksikan secara langsung bahwa kendaraan listrik terbukti andal, kencang, dan ramah lingkungan, hal ini juga dibuktikan dengan kondisi cuaca hujan saat pertandingan. Sehingga ke depan, masyarakat semakin tertarik untuk beralih ke kendaraan listrik.

"Dengan acara ini, kami ingin mengedukasi masyarakat bahwa penggunaan motor listrik termasuk konversi sama andalnya dengan kendaraan konvensional, bahkan bisa lebih fun. Meskipun dengan kondisi hujan deras saat balapan, motor listrik konversi ini terbukti tetap dapat menunjukkan performa dan keandalannya. Kami percaya bahwa bersama-sama, kita dapat menciptakan masa depan yang lebih baik dengan mengurangi jejak karbon kita," tambah Darmawan.

Ketua AISMOLI, Budi Setyadi mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah dan PLN mendukung gelaran EV Motor Conversion Race 2024 Putaran ke-2. Dukungan nyata ini menurutnya akan semakin meyakinkan masyarakat bahwa sudah saatnya beralih dari kendaraan bermesin konvensional ke kendaraan listrik.

“Tujuannya dari awal kita memang merencanakan ingin memberikan pesan-pesan kepada masyarakat dan juga mengedukasi masyarakat. Bahwa sudah saatnya kita beralih atau shifting dari kendaraan combustion engine ke kendaraan listrik,” tutup Budi.

Adapun hasil PLN EV Conversion Race putaran kedua yaitu:

EV Conversion Race 1:

1. Damar Abi Yoga dari Hardy Motor Racing Team

2. Reykat Yusuf Fadilah dari Bintang Racing Team

3. Ahmad Saugi dari RMS Project 101

EV Conversion Race 2:

1. Reykat Yusuf Fadilah dari Bintang Racing Team

2. Muhammad Al Farizi dari Marta Energi Otomotif X AZN Motor

3. Ahmad Saugi dari RMS Project 101

Championship Winner:

1. Ahmad Saugi dari RMS Project 101

2. Mochamad Nurgianto dari Arjuna BBSP KEBTKE KESDM

3. Reykat Yusuf Fadilah dari Bintang Racing Team

Kategori EV Conversion Endurance Race:

1. Mochamad Nurgianto dan Putra P. Alam dari Arjuna BBSP KEBTKE KESDM

2. Febrianus Balank dan Reykat Yusuf Fadilah dari F Balank Kingland Feat Tia Racing Team

3. Rikky Fausy dan Bagus Fahrizal dari Sahabat Remap 3H Racing & Friend

EV Live Conversion:

1. SMKS Wijaya Putra Surabaya

2. SMK Negeri 2 Bekasi

3. SMKN 8 Kabupaten Tangerang