Samsat Padang masifkan razia kendaraan mati pajak pada akhir tahun

id Samsat padang

Samsat Padang masifkan razia kendaraan mati pajak pada akhir tahun

Kasubag Tata Usaha UPTD PPD di Padang, Defrizal, S.IP, M.AP bersama Kanit Turjawali Satlantas Polresta Padang, Iptu. Rudi Chandra menggelar razia kelengkapan kendaraan bermotor, Selasa (8/10). (ANTARA/HO-Samsat Padang)

Padang (ANTARA) - Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengelolaan Pendapatan Daerah (UPTD PPD) atau biasa disebut Samsat Padang, menggandeng Satuan Lalulintas ( Satlantas) Polresta Padang menggelar razia gabungan pajak kendaraan bermotor ( PKB) yang mati pajak secara masif pada Oktober-Desember 2024.

Kepala UPTD PPD di Padang, Zul Akmal di Padang, Selasa menyebut razia tersebut dilakukan untuk mendorong masyarakat agar taat membayar pajak kendaraan bermotor.

"Razia ini bertujuan untuk meningkatkan ketaatan dan kesadaran masyarakat pemilik kendaraan bermotor untuk membayar pajak sekaligus upaya untuk meningkatkan pendapatan daerah,"katanya.

Kasubag Tata Usaha UPTD PPD di Padang, Defrizal mengatakan razia tersebut sudah dimulai di depan Mako Polsek Padang Timur dan di depan Kantor Unit Turjawali Satlantas Polresta Padang Selasa, (8/10).

"Selain memeriksa pajak, petugas juga memeriksa kelengkapan surat kendaraan," katanya

Razia sekaligus untuk penerapan tertib berlalu lintas bagi para pengguna jalan pengemudi kenderaan bermotor di wilayah hukum Polresta Padang.

Kasat Lantas Polresta Padang Kompol. Alfin melalui Kanit Turjawali Satlantas Polresta Padang, Iptu. Rudi Chandra menegaskan razia itu untuk mendorong pengemudi kendaraan bermotor di wilayah hukum Polresta Padang lebih taat aturan berlalu lintas demi keselamatan bersama.

"Untuk pengemudi atau pengguna kenderaan bermotor yang kedapatan melanggar aturan lalu lintas akan ditindak sesuai dengan ketentuan aturan yang berlaku,"ujarnya.

Kasi Penagihan UPTD PPD di Padang, Herry Pratama menyampaikan untuk mendorong peningkatan PAD, Samsat Padang tidak hanya melaksanakan kegiatan razia, tetapi juga melaksanakan kegiatan penyampaian surat peringatan ke rumah-rumah wajib pajak.

Hal itu untuk mengingatkan masyarakat yang menunggak pajak untuk segera membayarkan kewajibannya

Sebelumnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat menggelar pemutihan pajak kendaraan mulai 1 Oktober hingga 31 Desember.

Menariknya program ini berlangsung berdasarkan waktu pembayaran pajak, jadi semakin cepat maka keuntungan bagi warga juga semakin besar.

Bagi masyarakat yang membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) 31-60 hari sebelum jatuh tempo diberikan diskon 20 persen. Kemudian bagi yang melakukannya 1-30 hari sebelum jatuh tempo diganjar diskon hanya 20 persen.

Bila jatuh tempo sudah lewat, pembayaran yang dilakukan pada Oktober mendapatkan diskon 20 persen, 15 persen pada November dan 10 persen pada Desember.

Pemutihan lain yang ditawarkan adalah bebas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) II, bebas denda keterlambatan PKB, bebas denda keterlambatan BBNKB, bebas pajak progresif dan bebas denda Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) dari Jasa Raharja.(*)