Bundo Kanduang ingin legislator terpilih perjuangkan suara perempuan

id bundo kanduang sumbar,bundo kanduang,prof reno raudha thaib,puti reno,anggota dpr sumbar,dpr ri terpilih sumbar

Bundo Kanduang ingin legislator terpilih perjuangkan suara perempuan

Tokoh perempuan (Bundo Kanduang) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Prof Puti Reno Raudhatul Jannah Thaib saat diwawancarai di Padang. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Padang (ANTARA) - Para anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah asal Provinsi Sumatera Barat yang baru dilantik diharapkan dapat memperjuangkan hak dan aspirasi perempuan Minangkabau.

"Kita tentu berharap mereka sungguh-sungguh memperjuangkan aspirasi masyarakat, terutama perempuan Minangkabau," kata tokoh perempuan (Bundo Kanduang) Provinsi Sumbar Prof Puti Reno Raudhatul Jannah Thaib di Padang, Kamis.

Untuk diketahui sebanyak 18 wakil rakyat asal Provinsi Sumbar terpilih dan dilantik pada Selasa (1/10) di Gedung DPR/MPR RI.

Dari jumlah itu, 14 orang merupakan anggota DPR RI, sedangkan sisanya merupakan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2024-2029.

Meskipun wakil rakyat dan wakil daerah asal Sumbar masih didominasi laki-laki, Prof Reno berharap tidak ada ketimpangan atau bias gender dari anggota DPR dan DPD RI itu dalam memperjuangkan hak masyarakat Minangkabau.

Harapan itu ia titpkan mengingat selama ini para wakil rakyat termasuk anggota DPR RI perempuan asal Sumbar, belum maksimal memperjuangkan hak dan aspirasi masyarakat terutama kaum hawa.

"Siapapun yang terpilih menjadi anggota DPR RI atau anggota DPD RI mereka harus bisa memperjuangkan aspirasi perempuan Minangkabau," ujar ahli waris Kerajaan Pagaruyung tersebut.

Tokoh yang juga menjadi budayawati, sastrawati sekaligus akademisi itu berpesan agar 18 wakil rakyat dan wakil daerah Sumbar di Senayan tetap konsisten dan menguatkan landasan atau filosofi masyarakat Minangkabau yakni "adaik basandi syarak, syarak basandi kitabullah".

Menurut dia, setiap wakil rakyat asal Ranah Minang memiliki tanggung jawab besar mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam filosofi adaik basandi syarak, syarak basandi kitabullah ke dalam tatanan masyarakat baik di ranah maupun di perantauan.

Sebanyak 14 anggota DPR RI asal Sumbar yang dilantik ialah Athari Gauthi Ardi dan Arisal Aziz (PAN), Alex Indra Lukman (PDI Perjuangan), Andre Rosiade dan Ade Rezki Pratama (Partai Gerindra), Shadiq Pasadigoe, Lisda Hendrajoni dan Cindy Monica (Partai Nasdem), Zigo Rolanda dan Benny Utama (Partai Golkar), Rico Alviano (PKB), Rahmat Saleh dan Nevi Zuairina (PKS), serta Mulyadi (Partai Demokrat).

Sedangkan empat anggota DPD RI asal Sumbar yaitu Irman Gusman, Cerint Iralloza Tasya, Muslim M Yatim, dan Jelita Donal.