Mantan Bupati Solok Syamsu Rahim berikan dukungan pada Mahyeldi-Vasko

id Mahyeldi-Vasko

Mantan Bupati Solok Syamsu Rahim berikan dukungan pada Mahyeldi-Vasko

Mantan Bupati Solok, Syamsu Rahim berikan dukungan pada pasangan Mahyeldi-Vasko pada Pilkada 2024. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Mantan Bupati Solok periode 2010–2015, Syamsu Rahim, menyatakan dukungannya kepada pasangan Mahyeldi-Vasko dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) 2024.

Dukungan ini semakin kuat setelah foto pertemuan antara Syamsu Rahim dan Vasko Ruseimy beredar di salah satu kafe di Kota Padang baru-baru ini.

Kabar tersebut dikonfirmasi langsung oleh Syamsu Rahim yang juga mantan Wali Kota Solok 2005-2010 tersebut.

Menurutnya, masyarakat membutuhkan pemimpin yang terbuka dan bersedia menerima masukan demi kepentingan daerah, terutama terkait kebijakan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

"Melalui pasangan Mahyeldi-Vasko, harapannya masalah infrastruktur dan kebutuhan daerah yang tidak tertutupi oleh APBD Pemprov Sumbar bisa mendapatkan solusi," katanya melalui sambungan telepon di Padang, Selasa (10/9/2024).

Dia menambahkan, salah satu solusi adalah lewat investasi atau program dari pemerintah pusat, terutama soal pendanaan, agar pembangunan infrastruktur dapat berlangsung lebih cepat.

"Saya melihat Mahyeldi-Vasko adalah orang-orang yang terbuka menerima masukan, terutama terkait pemberdayaan masyarakat," ujarnya.

Selain itu, Syamsu Rahim menekankan pentingnya kolaborasi antara Mahyeldi dan Vasko.

"Vasko adalah sosok yang sangat terbuka, dekat dengan masyarakat, dan tidak ragu menerima saran dari orang lain," katanya.

Menurutnya, seorang gubernur harus mampu membuat aturan yang bermanfaat bagi banyak orang serta melindungi seluruh masyarakat tanpa pandang bulu. "Dia harus melindungi semua warga, baik yang mendukungnya maupun yang tidak," tambahnya.

Sementara itu, Juru Bicara Mahyeldi-Vasko, Reido Deskumar juga mengonfirmasi dukungan Syamsu Rahim terhadap Mahyeldi-Vasko yang menjadi kekuatan tersendiri. "Beliau akan all out memenangkan pasangan Mahyeldi-Vasko," kata Reido di Padang.

Reido menambahkan bahwa dukungan dari tokoh sebesar Syamsu Rahim sangat penting karena Syamsu memiliki pengaruh besar di Solok sebagai mantan Bupati dan Wali Kota. "Pak Syamsu Rahim merupakan tokoh masyarakat Solok yang punya pengaruh besar di daerahnya," ujarnya.

Dengan dukungan ini, Reido meyakini Mahyeldi-Vasko akan terus bergerak maju dalam kampanye mereka, dengan fokus pada sosialisasi dan menyampaikan visi-misi.

"Kami terus bergerak dan hadir di tengah masyarakat. Bahkan, Pak Syamsu nantinya tidak hanya sekadar mendukung, tetapi juga akan turut memenangkan Mahyeldi-Vasko," jelasnya.

Ke depan, pihaknya optimistis bahwa dukungan kepada pasangan Mahyeldi-Vasko akan semakin kuat.

"Kami yakin dukungan akan terus bertambah. Ini merupakan sinyal bahwa harapan masyarakat kepada Mahyeldi-Vasko untuk membangun Sumbar semakin besar," pungkas Reido.

Diketahui, Syamsu Rahim merupakan politisi yang sudah lama berkiprah di Sumatera Barat. Selain menjabat sebagai Wali Kota Solok pada periode 2005-2010 dan Bupati Solok pada 2010-2015, ia juga pernah menjadi calon anggota DPR RI dari Partai Nasdem dan sempat memimpin partai tersebut di Sumbar.

Pengalamannya dalam pemerintahan tak diragukan lagi, dengan latar belakang sebagai ASN yang menempati berbagai jabatan strategis.*