LLDIKTI Wilayah X hadirkan empat mitra unggul untuk tingkatkan capaian IKU kemitraan Prodi PTS

id LLDikti, IKU, PTS, PTN

LLDIKTI Wilayah X hadirkan empat mitra unggul untuk tingkatkan capaian IKU kemitraan Prodi PTS

LLDIKTI Wilayah X  melakukan terobosan baru dengan menghadirkan empat calon mitra kerja sama PTS pada kegiatan Bimtek Peningkatan Kerja Sama Prodi dan Percepatan Implementasi MBKM pada PTS. (ANTARA/HO)

Padang (ANTARA) - Sebagai wujud komitmen mengoptimalkan capaian IKU 6 perguruan tinggi PTS serta IKU 7 LLDIKTI (peningkatan persentase PTS yang meningkatkan kinerja dengan meningkatkan jumlah prodi yang bekerja sama dengan mitra).

LLDIKTI Wilayah X melakukan terobosan baru dengan menghadirkan empat calon mitra kerja sama PTS pada kegiatan Bimtek Peningkatan Kerja Sama Prodi dan Percepatan Implementasi MBKM pada PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X yang dilaksanakan Jumat - Sabtu (23 - 24 Agustus 2024) di Hotel Aston Jambi.

Keempat calon mitra kerja sama tersebut sesuai dengan yang diamanatkan pada Kepmendikbud Nomor 210/M/2023 tentang indikator kinerja utama perguruan tinggi dan LLDIKTI adalah dari perguruan tinggi kategori unggul yang diwakili oleh Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM), dari perusahaan teknologi global yang diwakili oleh Google Cloud Indonesia, dari perusahaan multinasional yang diwakili oleh PT. Hok Tong dan dari BUMN yang diwakili oleh PTPN IV Regional IV.

Kepala LLDIKTI Wilayah X, Afdalisma, S.H., M.P.d dalam kata sambutannya pada pembukaan kegiatan Bimtek Peningkatan Kerja Sama Prodi tersebut menyampaikan bahwa fasilitasi penjajakan kerja sama PTS yang dilakukan oleh LLDIKTI Wilayah X ini diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh PTS dengan penandatanganan dokumen nota kesepahaman (MoU) dan selanjutnya direalisasikan dalam berbagai kegiatan kemitraan oleh prodi pada PTS dalam bentuk penandatanganan dokumen perjanjian kerja sama (MoA).

Afdalisma menegaskan bahwa “kerja sama pada tingkat prodi ini tentunya akan berdampak signifikan terhadap capaian IKU 6 PTS pada dashboard IKU PDDikti dan IKU 7 LLDIKTI jika PTS secara rutin melaporkan kerja sama ke Sistem Aplikasi Laporan Kerja Sama (Laporankerma) Perguruan Tinggi”.

“Mulai tahun 2024 ini penilaian IKU 6 PTS pada dashboard IKU PDDikti yang sumber datanya ditarik dari laporan kerja sama PTS pada aplikasi Laporankerma tidak hanya dilakukan untuk PTN saja tetapi juga diberlakukan untuk PTS”, ujar Afdalisma.

Pada diskusi penjajakan kerja sama, keempat calon mitra yang dihadirkan yang diwakili oleh Associate Prof. Dr. Mohammad Zaki Bin Noh dari UTHM, Sugianto Yoannatan W dari Google Cloud Indonesia, Ardi Firmansyah dari PT. Hok Tong dan Immawati Wahyuni dari PTPN IV Regional IV memperkenalkan profil institusinya serta membahas potensi kerja sama yang dapat dilakukan oleh PTS dengan institusi tersebut.

Ia juga menyampaikan teknis dan prosedur penjalinan dan penandatangan kerja sama khususnya kerja sama magang mahasiswa bersertifikat (magang mahasiswa MBKM).

Kegiatan Bimtek Peningkatan Kerja Sama juga menghadirkan narasumber Dr. Rendi Prayuda dari Universitas Islam Riau, PTS yang selalu mendapatkan penghargaan dari Kemendikbudristek pada Anugerah Kerja Sama Diktiristek.

Dr Rendi Prayuda pada kegiatan ini berbagi praktik baik tentang tata cara perencanaan, penjajakan, penandatanganan dokumen, pelaksanaan kegiatan serta pelaporan kerja sama.

Sesi akhir kegiatan Bimtek Peningkatan Kerja Sama Prodi ini menghadirkan Muhammad Hielmy Zaenul Alam, Praktisi Pendidikan Tinggi dari BP2MI yang memaparkan dengan detil Juknis Penilaian IKU 6 Perguruan Tinggi pada Dashboard IKU PDDikti serta prosedur pelaporan kerja sama ke Sistem Aplikasi Laporankerma. *