KPU Padang nyatakan berkas pendaftaran M.Iqbal-Amasrul lengkap

id M.Iqbal-Amasrul, Padang, Calon Wali Kota

KPU Padang nyatakan berkas pendaftaran M.Iqbal-Amasrul lengkap

Ketua KPU Padang, Dorry Putra menyerahkan bukti tanda terima berkas pendaftaran pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang 2024-2029, M.Iqbal-Amasrul yang dinyatakan telah lengkap. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat menyatakan berkas pendaftaran dari Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang periode 2024-2029, M.Iqbal-Amasrul telah lengkap.

"Berkas pendaftaran yang diserahkan oleh pasangan calon telah kita verifikasi dan dinyatakan lengkap," kata Ketua KPU Padang, Dorry Putra di Padang, Selasa.

Ia mengatakan KPU Padang kemudian menyerahkan bukti serahterima berkas tersebut pada pasangan calon yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat tersebut.

Proses pendaftaran bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang pada hari pertama tersebut sempat terkendala karena permasalahan pada Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Dorry Putra mengatakan, berkas bakal calon yang telah diunggah melalui Silon tidak bisa direkapitulasi secara keseluruhan untuk dicetak.

"Tombol generate untuk rekapitulasi kelengkapan bakal calon tidak bisa diklik. Kita tidak tahu apakah kasus ini terjadi menyeluruh di Indonesia. Tapi kita di Padang mengalami kendala itu," ujarnya.

Dorry menjelaskan, telah berkonsultasi dengan KPU RI untuk menyikapi persoalan Silon. Sesuai arahan KPU RI pemeriksaan dan rekap kelengkapan berkas dilakukan secara manual.

Selain masalah Silon, tegangan listrik di KPU Padang juga mengalami gangguan. Beberapa kali aliran listrik padam saat proses pemeriksaan kelengkapan berkas dilakukan.

"Ini soal tegangan yang kurang. Kita perlu daya besar untuk kegiatan ini. Kami sudah koordinasi ke PLN agar kejadian serupa tidak terulang," tuturnya.

Sementara itu Calon Wali Kota Padang, M.Iqbal bersyukur bahwa berkas pendaftaran yang diserahkan pada KPU telah dinyatakan lengkap.

"Kami memang telah mempersiapkan semua berkas sejak awal sehingga percaya diri untuk mendaftar pada hari pertama pendaftaran," katanya.

Pada hari pertama pendaftaran bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang, hanya satu pasangan yang mendaftar yaitu M.Iqbal-Amasrul.

Pasangan Fadly Amran-Maigus Nasir yang diusung Nasdem, PKB, Golkar, PDI P, PPP, dan Partai Ummat dijadwalkan akan mendaftar pada Rabu (28/8) dan Kamis (29/8) dijadwalkan pendaftaran pasangan Hendri Septa-Hidayat yang diusung PAN dan Gerindra.*