Pemkot Sawahlunto bantu pupuk dan benih untuk kelompok tani terdampak banjir

id Pemkot Sawahlunto

Pemkot Sawahlunto bantu pupuk dan benih untuk kelompok tani terdampak banjir

Penjabat Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan dan Kepala DKP3 Sawahlunto Heni Purwaningsih bersama kelompok tani terdampak banjir yang menerima bantuan benih dan pupuk dari Pemkot Sawahlunto, Rabu. (Antarasumbar/Yudha Ahada)

Sawahlunto (ANTARA) - Pemkot Sawahlunto, Sumatera Barat membantu kelompok tani yang lahannya terdampak bencana banjir dengan memberikan benih dan pupuk.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto Heni Purwaningsih, di Sawahlunto, Rabu menyampaikan bantuan benih itu sebanyak total 680 Kg dan pupuk sebanyak 6.800 Kg.

"Jadi ada 12 kelompok tani di Sawahlunto yang terdampak banjir, tersebar di Kecamatan Barangin dan Talawi. Dengan total luas lahan terdampak yaitu 34 ha," kata dia.

Kepada 12 kelompok tani itu diserahkan bantuan benih padi inbrida sejumlah 20 Kg/ha, ditambah bantuan pupuk NPK Ponska Plus sejumlah 200 Kg/ha.

Selain membantu kelompok tani terdampak banjir, Pemkot juga membantu kelompok tani yang mengembangkan cabe.

Kelompok tani tersebut sebanyak lima kelompok dengan luas lahan lima ha.

"Untuk kelompok tani yang mengembangkan cabe ini dibantu benih cabe 15 bks/ha dan pupuk NPK mutiara 600 Kg. Dengan total sejumlah 30 bks cabe dan pupuk NPK 1200 kg," kata dia merinci.

Bantuan itu bersumber dari alokasi Belanja Tidak Terduga (BTT) APBD Pemkot Sawahlunto.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan menyampaikan bantuan itu wujud komitmen perhatian dan dukungan Pemkot pada sektor pertanian.

"Terjadinya kerusakan lahan pertanian bisa berdampak besar tidak hanya bagi petani bersangkutan melainkan juga terhadap suplai bahan pangan masyarakat. Maka kita langsung lakukan berbagai upaya agar aktifitas pertanian bisa berjalan normal kembali," kata dia.