Tingkatkan kualitas layanan, PLN Payakumbuh berguru ke Bank BNI

id PLN, layanan, UP3 Payakumbuh

Tingkatkan kualitas layanan, PLN Payakumbuh berguru ke Bank BNI

Kegiatan sharing session di PLN UP3 Payakumbuh dengan menghadirkan narasumber Head Section Service Management & CSR BNI Kantor Wilayah 02 Area Sumbar Riau & Kepri Prita Marisca. (ANTARA/HO-PLN)

Payakumbuh (ANTARA) - Demi tingkatkan kualitas layanan, PLN Unit Pelaksana Pelayan Pelanggan (UP3) Payakumbuh hadirkan manajemen Bank BNI Cabang Payakumbuh untuk membagikan pengalaman manajemen pelanggan di perusahaan perbankan tersebut.

Kegiatan ini juga jadi bagian komitmen PLN sambut Hari Pelanggan Nasional dengan pelayanan yang semakin baik.

Bertempat di Aula Kantor PLN UP3 Payakumbuh, hadir langsung Head Section Service Management & CSR BNI Kantor Wilayah 02 Area Sumbar Riau & Kepri Prita Marisca.

Prita disambut oleh Manager PLN UP3 Payakumbuh Teguh B. Octavianto beserta jajaran. Hadir sebagai peserta sharing session seluruh pegawai bagian Pelayanan Pelanggan dan Administrasi di PLN UP3 Payakumbuh serta tim keamanan.

Disampaikan Teguh, PLN Payakumbuh berguru kepada perbankan untuk tingkatkan pelayanan tatap muka kepada pelanggan.

‘’Dulu, fokus pelayanan PLN adalah memastikan kontinuitas pasokan listrik kepada masyarakat, bagaimana agar rumah-rumah tetap menyala. Namun PLN terus bertransformasi, kepuasan pelanggan yang berkomunikasi langsung dengan pegawai PLN adalah salah satu pelayanan yang harus menjadi perhatian juga,’’ sampainya.

Sementara perbankan, lanjut Teguh, memiliki etos kerja yang sangat kuat untuk pelayanan tatap mukanya.

Petugas frontliner perbankan umumnya berkomunikasi dengan sangat baik dan mengutamakan kepuasan nasabahnya.

‘’Inilah yang harus kita tiru dan pelajari, mengedepankan kepuasan pelanggan dengan komunikasi dan informasi yang memuaskan,’’ lanjut Teguh.

Prita dalam sesi sharing session menyampaikan bahwa prinsipnya setiap bisnis adalah bisnis pelayanan. Maka yang terpenting adalah bukan bisnisnya, tetapi kualitas pelayanannya. ‘’Pelayanan adalah senjata yang _everlasting_. Pelanggan yang mempuyai _experience_ yang baik dengan pelayanan satu perusahaan, kecil sekali kemungkinannya untuk beralih atau berkata buruk tentang perusahaan tersebut,’’ lanjut Prita.

Sampai Prita, tantangan yang harus dilakukan PLN adalah melampaui harapan atau ekspetasi pelanggan, yang dapat dilakukan dengan _service excellent_ pada pelayanan tatap muka. ‘’Tingkatkan dan gunakan kompetensi komunikasi secara prima. Etika pelayanan seperti penampilan, sikap, senyum, salam dan sapa pun tak kalah pentingnya,’’ bagi Prita pula.

Pada penghujung acara, Teguh menyampaikan agar ilmu dan materi yang disampaikan dari pihak BNI dapat diterapkan oleh seluruh pegawai. Sehingga pelayanan prima menjadi etos kerja PLN UP3 Payakumbuh, dan kualitas pelayanan kepada pelanggan Payakumbuh menjadi semakin baik.*