Kwarcab Pramuka Pariaman kirimkan 24 anggota ikuti Jambore di Bukittinggi

id Jambore Daerah X di Pariaman

Kwarcab Pramuka Pariaman kirimkan 24 anggota ikuti Jambore di Bukittinggi

Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Gerakan Pramuka 16 Kota Pariaman, Sumbar Hendri melepas 24 anggota Pramuka asal daerah itu untuk mengikuti Jambore Daerah X di Pariaman, Senin. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Kwartir Cabang (Kwarcab) 16 Gerakan Pramuka Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) mengirimkan 24 orang anggotanya yang berasal dari SMP dan SD untuk mengikuti Jambore Daerah X yang dilaksanakan di Kota Bukittinggi mulai dari 19 sampai 24 Agustus 2024.

"Sebelumnya kami sudah melaksanakan Jambore Cabang untuk menyeleksi adik-adik yang akan ikut Jambore Daerah, dan kami telah memilih 24 orang," kata Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Gerakan Pramuka 16 Kota Pariaman, Hendri saat pelepasan peserta jambore di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan 24 orang tersebut terdiri dari 12 putra dan 12 putri yang merupakan utusan dari SMP sebanyak 20 orang dan 4 orang dari SD. Menurutnya peserta jambore dari Pariaman tersebut merupakan putra dan putri utusan terbaik dari sejumlah sekolah di daerah itu.

Ia meminta kepada anggota Pramuka dari Pariaman yang akan mengikuti Jambore yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka Bukit Apit Puhun, Kota Bukittinggi tersebut menjadikan kegiatan itu sebagai momentum untuk menambah ilmu dan pengalaman.

Hal tersebut, lanjutnya karena Pramuka merupakan kawah candradimuka bagi anak-anak muda untuk berinteraksi menempa diri, membangun jati diri, membangun perjuangan nasionalisme, dan keakraban sesama pemuda guna menghadapi tantangan masa depan yang semakin berat.

“Pramuka merupakan garda terdepan untuk membentuk karakter bangsa, karena di Pramuka mereka ditempa untuk menjadi leadership, tegas, mempunyai kedisiplinan yang kuat dan daya juang yang tinggi, sesuai dengan dasa Dharma dan Tri Satya,” katanya.

Oleh karena itu, Hendri meminta peserta dari Pariaman untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang ada di Jambore Daerah X Tahun 2024 yang akan dibuka besok Agustus sekaligus Peringatan Hari Pramuka (Hapram) tingkat Sumbar, serta berinteraksilah dengan seluruh peserta yang datang dari 19 kabupaten dan kota di Sumbar.

Sebelumnya, Pejabat (Pj) Walikota (Wako) Pariaman, Sumatera Barat Roberia meminta Pramuka menjadi 'role model' atau panutan bagi generasi muda di daerah itu guna membentuk karakter pemuda yang tangguh.

"Pramuka harus menjadi 'role model' generasi muda, dengan disiplin, semangat, rasa persaudaraan, kemandirian, sosial, bertaqwa, terampil, dan berkarya," kata Roberia saat mengikuti Upacara memperingati Hari Pramuka (Harpram) ke 63 Tahun 2024 tingkat Kota Pariaman di Pariaman

Ia mengatakan Pramuka bukan hanya gagah-gagahan akan tetapi mempunyai nilai-nilai dari Praja Muda Karana atau Pramuka dengan Dasa Dharma dan Tri Satya-nya, serta menjunjung tinggi Pancasila, UUD 1945 dan NKRI.

Dengan Pramuka, generasi muda di Pariaman memiliki karakter yang tangguh sehingga mereka dapat bersaing di tengah kehidupan yang semakin kompetitif.