Empat tips mengatasi kulit sofa yang mulai mengelupas

id Sofa, tips perbaki kulit

Empat tips mengatasi kulit sofa yang mulai mengelupas

Ilustrasi Sofa Kulit (Doc.rupa rupa) (ANTARA/HO-rupa rupa)

Jakarta (ANTARA) - Menjaga dan melakukan perawatan terhadap perabot rumah tangga penting dilakukan agar tetap tahan dan tentu harus tahu pula tipsnya supaya perawatan dengan cara tepat.

Misalnya sofa kulit memang bisa memberikan kesan mewah dan elegan pada ruangan. Namun, seiring waktu, permukaan sofa bisa mengelupas.

Kondisi ini terjadi karena faktor usia, penggunaan yang intens, serta perawatan yang kurang tepat.

Akan tetapi tidak perlu khawatir, asal mau mencari informasi atau mencari ahli yang profesional.

Soalnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kulit sofa yang mengelupas dan membuatnya kembali tampak seperti baru. Yuk simak berikut ini.

1. Cek bagian yang mengelupas

Pertama-tama, cek bagian mana yang mengelupas dan seberapa parah kerusakannya. Apakah hanya lapisan tipis yang mengelupas atau sudah sampai ke lapisan bawah? Hal ini akan memudahkan kamu dalam memilih metode perbaikan yang tepat.

2. Gunakan cat kulit

Setelah memeriksa kondisi kain sofa, kamu bisa memperbaiki bagian kulit yang mengelupas dengan cat khusus. Namun, pilih warna cat kulit yang sesuai dengan sofa agar menyatu dengan baik. Lalu, oleskan dengan menggunakan kuas yang lembut dan tunggu cat mengering sepenuhnya sebelum digunakan kembali.

3. Pakai leather filler atau dempul kulit

Jika kulit sofa sudah mengelupas cukup parah, kamu perlu menggunakan leather filler atau dempul kulit. Leather filler dapat mengisi dan menutup area yang rusak, sehingga permukaan sofa kembali rata dan halus.

Cukup aplikasikan leather filler pada bagian yang mengelupas dengan menggunakan spatula. Lalu, biarkan hingga mengering dan amplas dengan lembut. Cara ini dapat membuat permukaan sofa tampak seperti baru lagi.

4. Oleskan leather finish

Leather finish dapat membantu mempertahankan warna dan melindungi kulit sofa, sehingga tidak mudah mengelupas atau pecah-pecah.

Anda hanya perlu oleskan leather finish secara merata di seluruh permukaan sofa menggunakan kuas dan tunggu hingga mengering.

Itu dia beberapa tips untuk memperbaiki sofa kulit yang mengelupas agar terlihat seperti baru.

Namun, kalau sofa tidak bisa diperbaiki lagi, tentu bisa menggantinya dengan yang baru.

Tenang, kamu dapat menemukan berbagai model sofa terbaik hanya di toko resmi online Informa. Di sini, kamu juga dapat belanja perlengkapan ruang tamu berkualitas lainnya, seperti sofa bed, rak buku dan meja tamu dan bantal. Selamat belanja!.*(Adv)