Lapas Kelas III Alahan Panjang adakan pangkas rambut gratis bagi WBP

id Lapas Kelas III Alahan Panjang, adakan, pangkas rambut gratis bagi WBP

Lapas Kelas III Alahan Panjang adakan pangkas rambut gratis bagi WBP

Lapas Kelas III Alahan Panjang adakan pangkas rambut gratis bagi WBP

Solok (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat menyelenggarakan kegiatan sosial bertajuk "Jumat Berkah", yakni memangkas rambut Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mengundang perhatian banyak pihak.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Alahan Panjang Mathrios Zulhidayat Hutasoit di Alahan Panjang, Minggu mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan kesejahteraan narapidana dan tahanan.

Pihak Lapas bekerja sama dengan tukang pangkas rambut setempat untuk memberikan layanan pangkas rambut gratis.

Kegiatan ini disambut antusias oleh para narapidana dan tahanan yang turut serta. Dengan layanan pangkas rambut gratis ini, diharapkan mereka tidak hanya tampil lebih rapi, tetapi juga merasa lebih dihargai dan diakui sebagai individu yang memiliki hak yang sama untuk mendapatkan perhatian dan perawatan diri, meskipun sedang menjalani hukuman.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memberikan pembinaan dan perawatan yang lebih humanis bagi para narapidana," ujar dia.

Selain itu, ini juga bentuk nyata dari kepedulian masyarakat terhadap mereka yang sedang menjalani masa hukuman.

Ia mengharapkan para narapidana dapat merasa lebih nyaman dan tetap semangat dalam menjalani masa hukumannya dengan menjaga kerapian dan kebersihan diri.

Selain itu, WBP Alahan Panjang diajarkan juga teknik-teknik pangkas rambut yang mana nantinya bisa menjadi modal dasar bagi WBP selepas bebas nanti, paling kurang untuk keluarganya.

Adapun tukang pangkas rambut yang berpartisipasi dalam kegiatan ini menyatakan rasa puas mereka bisa terlibat dalam program sosial tersebut.

"Saya merasa senang bisa berbagi kebahagiaan dengan mereka. Harapannya, ini bisa menjadi awal yang baik bagi mereka untuk kembali ke masyarakat nanti," ungkap salah satu tukang pangkas rambut yang terlibat.

Kegiatan "Jumat Berkah" ini diharapkan dapat terus dilaksanakan secara rutin, tidak hanya di Lapas Kelas III Alahan Panjang, tetapi juga di lembaga pemasyarakatan lainnya sebagai bentuk perhatian dan kasih sayang kepada sesama, khususnya bagi mereka yang sedang menjalani masa hukuman.