Kota Payakumbuh Terima Penghargaan UHC

id Kota Payakumbuh Terima Penghargaan UHC

Kota Payakumbuh Terima Penghargaan UHC

Sekretaris Daerah Rida Ananda bersama kepala daerah lainnya saat menerima penghargaan UHC di Krakatau Ballroom Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis (8/8).  Antara/HO

Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Pemerintah Republik Indonesia menyusul kepesertaan JKN di Kota tersebut yang sudah mencapai 98,31 persen.

Penghargaan diterima Sekretaris Daerah Rida Anandadi yang mewakili Pj Walikota Payakumbuh Suprayitno di Krakatau Ballroom Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis (8/8). Penghargaan diserahkan langsung Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin didampingi Menko PMK, Muhadjir Effendi, Kepala BPJS Pusat, Ali Ghufron Mukhti dan Presiden Internasional Sosial Security Asosiasion (ISSA), Muhammad Azzam.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam sambutannya mengatakan konsep pembangunan kesehatan ditujukan untuk memastikan individu memiliki akses mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai, salah satunya melalui terwujudnya jaminan kesehatan atau UHC bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Sinergi BPJS kesehatan, kementerian/lembaga, pemerintah dari pusat hingga daerah menjadi kunci dalam mewujudkan tercapainya UHC. Saat ini sudah 98 persen penduduk Indonesia memiliki jaminan kesehatan. Untuk mencapai 100 persen tinggal sedikit lagi, saya yakin kita mampu segera mewujudkannya," ujarnya.

Wakil Presiden kemudian memberikan arahan untuk dapat mencapai target jaminan kesehatan menyeluruh tersebut. Diantaranya dengan memperluas jangkauan kepesertaan dengan melibatkan tokoh masyarakat untuk mensosialisasi manfaat JKN KIS kepada masyarakat.

"Libatkan tokoh masyarakat dalam bersosialisasi, gunakan pendekatan yang lebih efektif dan solutif bagi masyarakat yang belum melaksanakan kewajiban iuran dan pastikan adanya monitoring serta evaluasi secara berkelanjutan terhadap kualitas layanan," kata Wapres.

Pada kesempatan itu, Wapres mengapresiasi Presiden ISSA yang turut memberikan penghargaan kepada Pemerintah Republik Indonesia atas capaian UHC 98 persen secara nasional.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, dalam sambutannya juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh kepala daerah atas kesuksesan Program JKN. Dirinya juga menambahkan, bahwa capaian UHC di berbagai daerah merupakan bentuk implementasi pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Jumlah kepesertaan JKN per 1 Agustus 2024 telah mencapai 276.520.647 jiwa, atau 98,15 persen dari total penduduk di Indonesia. Pencapaian ini bukan hanya tentang jumlah kepesertaan, tetapi juga memastikan seluruh penduduk memiliki akses terhadap layanan kesehatan,” katanya.

Sementara, Pj Walikota Payakumbuh melalui Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Rida Ananda mengaku bersyukur dan bangga atas penghargaan yang diterima.

Dikatakannya bahwa Kota Payakumbuh termasuk kota yang mendapat penghargaan UHC dengan kategori tertinggi atau Utama.

"Alhamdulillah, tahun ini kita kembali mendapat penghargaan UHC dengan prediket lebih baik dari tahun lalu. Jika tahun lalu kita mendapat penghargaan UHC kategori Madya, Alhamdulillah tahun ini meningkat menjadi kategori utama atau tertinggi dengan capaian kepesertaan diatas 98 persen," ungkap Rida.

Dikatakan, capaian tersebut kolaborasi dan kerja keras berbagai pihak di daerah dibawah arahan Pj Walikota Payakumbuh, Suprayitno sehingga Payakumbuh bisa memperoleh prediket tertinggi tersebut.

"Ini buah kerja keras kita semua, dibawah arahan Bapak Pj Wali kota termasuk koordinasi dan kolaborasi yang baik dengan BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, sehingga prestasi ini bisa diraih. Mewakili pemerintah kota kami mengucapkan terima kasih banyak, semoga kita bisa mempertahankan dan meningkatkan capaian dimasa mendatang," ujarnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Defiyanna Sayodase mengatakan kepesertaan JKN di Kota Payakumbuh sudah mencapai 98,31% atau 144.289 jiwa dari 146.772 jumlah penduduk di Kota Payakumbuh sudah terdaftar menjadi peserta JKN.

Kemudian, Kabupaten Tanah Datar yang sukses meraih UHC 95,96 persen atau sekitar 365.335 jiwa dari 380.727 jumlah penduduk di Kabupaten Tanah Datar per 1 Agustus 2024.

"Kami menyampaikan selamat atas penghargaan yang diraih ini, dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Payakumbuh dan Kabupaten Tanah Datar. Hal ini menjadi wujud nyata kehadiran pemerintah dalam memastikan tersedianya jaminan kesehatan bagi masyarakatnya," ujarnya.