Bupati Rusma Yul Anwar serahkan ribuan SK-P3K di Kabupaten Pesisir Selatan

id Bupati Rusma Yul Anwar ,berita pessel,berita sumbar

Bupati Rusma Yul Anwar serahkan ribuan SK-P3K di Kabupaten Pesisir Selatan

Bupati Rusma Yul Anwar dalam amanahnya pada Acara Penyerahan Surat Keputusan dan Pelantikan/Pengambilan Sumpah Jabatan Funsional PPPK Kesehatan dan Guru Formasi Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2023, Senin (29/7),

Painan (ANTARA) - Rusma Yul Anwar menegaskan rekrutmen sebanyak 2.021 orang Pegawai Pemerintah dan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2023 di Kabupaten Pesisir Selatan dimaksudkan untuk peningkatkan kwalitas pelayanan pemerintah dan pembangunan di bidang pendidikan dan kesehatan.

Hal itu disampaikan Bupati Rusma Yul Anwar dalam amanahnya pada Acara Penyerahan Surat Keputusan dan Pelantikan/Pengambilan Sumpah Jabatan Fungsional PPPK Kesehatan dan Guru Formasi Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2023, Senin (29/7), di Halaman Kantor Bupati.

Dikatakan, PPPK guru dan tenaga kesehatan ini agar dapat melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik. Dan mengingatkan, agar pegawai yang baru dilantik dan diambil sumpah jabatannya itu tidak mudah diprovokasi, atau termakan isu-isu yang belum tentu ada kebenarannya.

Fungaional guru dan tenaga kesehatan ini telah dinyatakan lulus jalur PPPK, dan hari ini SK Pengangkatan PPPK-nya diserahkan oleh Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar.

Sementara, Kepala BKPSDM Pesisir Selatan, Yoski Wandri, S.Pi., M.Si., dalam laporannya menyebutkan proses rekrutmen tenaga kesehatan dan guru menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) di Kabupaten Pesisir Selatan ini merupakan kebijakan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam mengangkat tenaga kesehatan dan guru, yang telah dituangkan dalam dokumen RPJM Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2021 s/d 2026 -- salah satu visi misi Kepala Daerah yakni pendidikan dan kesehatan adalah program prioritas pembangunan yang harus dituntaskan.

"Target utamanya adalah indeks literasi harus baik, umur harapan hidup dan turunannnya harus baik,"ucapnya.

Dikatakan, pada tahun 2023 ini Pemerintah Daerah Kabupaten membuka formasi PPPK sebanyak 2.195 formasi. Setelah dilaksanakan tes, dinyatakan lulus sebanyak 2030 orang.

Selanjutnya terdapat sembilan orang yang lulus mengundurkan diri, sehingga berkas calon P3K yang diteruskan ke BKN berjumlah 2.021. Dari jumlah 2.021 orang tersebut, sebanyak 1.191 orang merupakan tenaga guru dan 830 tenaga kesehatan. Bilamana melihat formasi P3K Kab/Kota di Sumatera Barat maka Kabupaten Pesisir termasuk Kabupaten/Kota terbesar kedua -- setelah Kota Padang untuk pengangkatan P3K tahun 2023.

"Hal ini, tentunya, bisa dijadikan bukti besarnya perhatian dan komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan di masa Bupati Rusma Yul Anwar dalam program bangunan khususnya pada bidang Pendidikan dan Kesehatan,"pungkasnya.