Pemkot Pariaman pastikan 800 hewan kurban layak sembelih

id Pemkot Pariaman

Pemkot Pariaman pastikan 800 hewan kurban layak sembelih

Petugas kesehatan hewan dari Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Sumbar menyuntikan vitamin terhadap sapi yang akan dijadikan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat memastikan 800 ekor sapi jantan yang akan dijadikan hewan kurban layak sembelih dan konsumsi pasca pemeriksaan yang telah dilakukan dinas terkait semenjak 27 Mei sampai dengan 7 Juni 2024.

"Kami bersama tim medik dan paramedik telah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban untuk memastikan sehat dan layak dipotong pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Marini Jamal di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan sapi yang dinyatakan sehat dan layak untuk disembelih diberi label di telinga sehingga panitia pelaksana penyembelihan hewan kurban dan masyarakat dapat mengetahuinya.

Ia menyampaikan pemeriksaan kesehatan sapi dilakukan dengan memeriksa kesehatan fisik sapi dan umurnya guna memastikan kesehatan dan layak disembelih sesuai dengan syarat syari'at.

Guna menjaga kesehatan sapi-sapi tersebut, lanjutnya pihaknya memberikan vitamin serta sosialisasi kepada peternak atau pengembalanya guna menjaga kesehatan ternak itu.

"Kami memberikan vitamin, pemasangan label hewan layak sembelih, dan pemberian Surat Keterangan Kesehatan Hewan untuk 800 ekor ternak sapi jantan calon kurban tersebut," katanya.

Ia mengatakan sepanjang 2024 pihaknya tidak menerima laporan terkait hewan di daerah itu terjangkit penyakit mulut dan kuku yang beberapa tahun lalu marak terjadi di daerah itu dan sekitarnya.

"(Jadi) hewan kurban yang sudah diperiksa layak dipotong pada Hari Raya Idul Adha nanti," ujarnya.

Meskipun pihaknya memastikan hewan kurban yang sudah diperiksa dan mendapatkan label sehat layak disembelih pada Hari Raya Idul Adha nanti namun ia tetap meminta peternak menjaga kesehatan ternak dan kebersihan kandang.

“Kepada peternak kami mengimbau agar menjaga kebersihan kandang dan hewan ternak serta memperhatikan pakan hewan yang cukup dan berkualitas, serta pemberian vitamin dan mineral," tambahannya.