Perdana di tingkat kejaksaan se-Indonesia, Kejari Pasbar luncurkan layanan kejaksaan siaga Pasbar 112 bagi masyarakat

id Kejari Pasbar,Berita pasbar,Berita sumbar

Perdana di tingkat kejaksaan se-Indonesia, Kejari Pasbar luncurkan layanan kejaksaan siaga Pasbar 112 bagi masyarakat

Kejaksaan Negeri Pasaman Barat, Sumatera Barat meluncurkan inovasi layanan kejaksaan pada "Pasbar Siaga 112" dalam upaya memudahkan layanan informasi dengan efektif dan terjangkau bagi seluruh masyarakat di daerah itu, Rabu (5/6/2024). Antara/Altas Maulana. 

Simpang Empat (ANTARA) - Kejaksaan Negeri Pasaman Barat, Sumatera Barat meluncurkan inovasi layanan kejaksaan pada "Pasbar Siaga 112" dalam upaya memudahkan layanan informasi dengan efektif dan terjangkau bagi seluruh masyarakat di daerah itu, Rabu.

"Pemkab Pasaman Barat meluncurkan layanan 112 pada tanggal 25 Februari 2024 dan merupakan kabupaten kota yang ke-131 yg aktif menjalankan layanan 112 dari 514 kabupaten kota yg ada di Indonesia. Sedangkan layanan lapor Kejaksaan Negeri Pasaman barat yang pertama di Indonesia bekerjasama dengan layanan 112," kata Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Barat Muhammad Yusuf Putra usai meluncurkan layanan kejaksaan Pasbar 112 di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan pada layanan itu masyarakat bisa langsung berkomunikasi dengan petugas kejaksaan yang telah disiapkan dan dilatih.

"Ada 15 orang tenaga operator yang telah dilatih untuk melayani layanan kejaksaan 112. Masyarakat tinggal tekan nomor 112 dan selanjutnya tekan tombol angka dua dengan bebas pulsa dan gratis," katanya.

Menurutnya dalam layanan itu masyarakat bisa berkomunikasi langsung dengan 11 layanan diantaranya layanan nagari (desa), halo jaksa pengacara negara bisa digunakan untuk koordinasi mengenai keperdataan, tata usaha negara, perkara pidana umum dan lainnya.

Kemudian juga akan terhubung untuk pengaduan pelanggaran hukum di bidang korupsi, pertanahan, pemilu, terkait barang bukti, penanganan perkara (perkembangan perkara).

"Juga melayani untuk layanan kejaksaan lainnya seperti layanan tilang," ujarnya.

Pada peluncuran layanan kejaksaan ini sengaja mengundang para wali nagari (kepala desa) sebanyak 90 orang agar bisa disosialisasikan ke masyarakat dan juga dikaitkan dengan program jaga nagari yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu.

Pimpinan PT Digital Sandi Informatika Hari Fridayanto mengapresiasi terobosan Kejaksaan Negeri Pasaman Barat membuat layanan kejaksaan Pasbar Siaga 112.

"Dengan adanya layanan ini maka masyarakat bisa berinteraksi dengan kejaksaan. Perdana di Indonesia tingkat kejaksaan membuat layanan ini. Ini bisa menjadi percontohan nantinya," katanya.

Diakhir kegiatan juga ditunjukkan simulasi layanan tilang oleh masyarakat. ***2***