RSUD Pasaman Barat peroleh akreditasi paripurna bintang lima

id Akreditasi RSUD,RSUD pasaman barat, akreditasi paripurna

RSUD Pasaman Barat peroleh akreditasi paripurna bintang lima

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi (dua dari kiri) saat menerima akreditasi paripurna bintang lima dari Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS DHP) di Jakarta, Rabu. (8/5/2024). Antara/HO-Diskominfo Pasaman Barat. 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasaman Barat, Sumatera Barat memperoleh akreditasi paripurna bintang lima dari Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS DHP).

Direktur RSUD Pasaman Barat Yandri Saputra saat dihubungi melalui telepon di Simpang Empat, Rabu, mengatakan sertifikat akreditasi paripurna yang diberikan LARS DHP diterima oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi didampingi Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Joni Hendri dan Ketua Akreditasi RSUD Novri Aswandi di Jakarta.

Ia mengatakan telah dilakukan re-akreditasi RSUD melalui survei penilaian oleh LARS DHP di RSUD Pasaman Barat pada tanggal 4-8 Desember 2023.

Lembaga itu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan RSUD serta memberikan panduan yang berkelanjutan untuk mendapatkan pengakuan terhadap mutu pelayanan rumah sakit sesuai standar akreditasi.

Ia mengatakan penilaian terdiri atas 16 BAB meliputi apa yang sudah dilakukan dan tertuang dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) mengenai manajemen rumah sakit, pelayanan pasien, keselamatan pasien, dan program nasional.

"Tujuan akhirnya bagaimana pasien mendapatkan pelayanan dan mutu terbaik dan petugas mendapat dukungan hukum dalam memberikan pelayanan," ujarnya.

Ia menyebutkan sebelumnya RSUD Pasaman Barat memiliki akreditasi dasar bintang satu dan berdasarkan hasil survei penilaian berhasil mendapatkan akreditasi paripurna bintang lima

"Saat ini sudah diakui akreditasi paripurna bintang lima. Mudah-mudahan pelayanan akan semakin meningkat," sebutnya.

Ia mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab Pasaman Barat dan jajaran pegawai RSUD serta kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mendukung re-akreditasi RSUD Pasaman Barat hingga meraih predikat paripurna bintang lima.

"Terima kasih kepada semua pihak, termasuk tim surveyor LARS DHP dan seluruh tim akreditasi RSUD Pasaman Barat yang bekerja siang dan malam dalam rangka mempersiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan oleh tim surveyor," katanya.