Bupati Dharmasraya harapkan akreditasi utama RSUD Sungai Dareh jamin mutu pelayanan

id Sertifikat akreditasi

Sertifikat akreditasi yang diberikan tim independen Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). (ANTARASUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), Sutan Riska Tuanku Kerajaan berharap predikat akreditasi utama yang diperoleh RSUD Sungai Daerah memberi jaminan mutu pelayanan rumah sakit di daerah itu.

"Kita harus patuh terhadap standar akreditasi, sehingga tujuan akreditasi dalam meningkatkan mutu pelayanan dapat tercapai," kata dia di Pulau Punjung, Senin.

Ia mengajak jajaran manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh menjaga mutu pelayanan. Lebih penting pengakuan dari masyarakat bahwa pelayanan di RSUD Sungai Dareh benar-benar dapat diandalkan.

"Kita harus tetap berbenah diri, mudah-mudahan pada penilaian selanjutnya bisa meraih nilai predikat paripurna," katanya.

Sementara, Ketua Tim Akreditasi RSUD Sungai Dareh, Fahriza Ma mengatakan, RSUD Sungai Dareh meraih akreditasi utama dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dengan nomor KARS-SERT/156/XII/2018.

Ia menjelaskan dari hasil penilain RSUD meraih poin di atas 80 untuk 13 dari 16 kategori yang dinilai tim independen KARS berapa waktu lalu.

Sedangkan untuk memperoleh akreditasi utama tim penilai menetapkan 12 kategori harus memperoleh poin di atas 80, lanjut dia

"Artinya, dari 16 kategori yang dinilai kita memenuhi 13, kalau saja 16 kategori memenuhi poin di atas 80 tentu meraih akreditasi paripurna. Namun capain ini sudah sangat memuaskan bagi tim," ungkapnya.

Penilaian akreditasi terdapat beberapa tingkatkan, pertama tingkat dasar, tingkat madya, tingkat utama, dan tingkat paripurna, kata dia

Ia menjelaskan akreditasi rumah sakit merupakan pengakuan yang diberikan pada manajemen rumah sakit yang telah memenuhi standar yang ditetapkan, kata dia

Tujuan akreditasi rumah sakit untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, karena sangat dibutuhkan masyarakat yang semakin selektif mendapatkan pelayanan yang bermutu, tambah dia. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar