O2SN 2024 resmi ditabuh, Sabar AS: jaga sportifitas, ukir prestasi

id O2SN 2024 pasaman,Bupati Pasaman, Sabar AS ,berita pasaman,berita sumbar

O2SN 2024 resmi ditabuh, Sabar AS: jaga sportifitas, ukir prestasi

Bupati Pasaman, Sabar AS bersama Forkopimda saat menabuh tanda dimulainya pertandingan O2SN dihalaman kantor Bupati Pasaman, Senin.

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Bupati Pasaman, Sabar AS resmi menabuh tanda dimulainya pertandingan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SD/MI/dan SMP/MT Se-Kabupaten Pasaman tahun 2024 dihalaman Kantor Bupati setempat, Senin.

Bupati Sabar AS meminta kepada seluruh atlit untuk menjaga sportifitas olah raga dan nama baik sekolah maupun daerahnya masing-masing selama laga pertandingan.

"Dengan adanya O2SN ini, nantinya akan dapat menambah pengalaman para siswa dalam mengikuti pertandingan. Jadikan pertandingan ini sebagai wadah ajang silaturahmi, pembinaan bakat dan ruang prestasi," kata Sabar AS.

Sabar AS berpesan bahwa Siswa sebagai generasi penerus bangsa, teruslah berbuat yang terbaik, ukir prestasi selagi masih muda. "Kalian semua adalah harapan bangsa," katanya.

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga budaya dan Pariwisata Pasaman, Ade Harlien mengatakan penyelenggaraan Ol O2SN ) bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang olah raga.

"Membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi sejak usia dini sekaligus mengembangkan jiwa sportifitas, kompetitif, rasa percaya diri dan rasa tanggung jawab," ungkap Ade Harlien.

Dijelaskan Ade Harlien, kegiatan ini diselenggarakan dari tanggal 6 - 8 Mei 2024, yang di ikuti dari perwakilan Sekolah 12 kecamatan yang ada di Pasaman.

"Untuk tingkat SD/MI diikuti sebanyak 107 atlit dan 46 official. Sementara untuk tingkat SMP/MTs diikuti sebanyak 20 sekolah terdiri dari 17 SMP dan 3 Mts dengan jumlah atlit sebanyak 82 orang dan didampingi 53 orang official," terang Ade.

Kata dia dalam O2SN ini dipertandingkan 5 cabang diantaranya, atletik, bulutangkis, karate, pencak silat, dan renang.

Diakhir pembukaan O2SN tersebut, juga digelar kolaborasi tari berbagai daerah dari sanggar tari Ranah Saiyo Pasaman.

Disamping itu Defile para peserta olimpiade dipimpin oleh camat masing daerah dan akan melewati rute sepanjang Lubuk Sikaping yang diiringi oleh drumband dari salah satu sekolah SLTP Lubuk Sikaping.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Forkopimda, Plt. Sekda Pasaman, OPD, Camat, serta ratusan hadirin lainnya.