Kawal kelistrikan pada operasi Ketupat Singgalang, PLN Solok siapkan listrik andal

id PLN, operasi ketupat

Kawal kelistrikan pada operasi Ketupat Singgalang, PLN Solok siapkan listrik andal

Tim PLN UP3 Solok sampaikan kesiapan kawal Operasi Ketupat kepada Bupati Sutan Riska. (ANTARA/HO-PLN)

Pulau Punjung (ANTARA) - PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solok siap mengawal dan memberikan layanan kelistrikan yang optimal untuk masyarakat di Kabupaten Dharmasraya selama libur panjang Idul Fitri 1445 H.

Hal tersebut disampaikan kepada Bupati dan jajaran Forkopimda yang hadir pada Rapat Koordinasi Lintas Instansi Operasi Ketupat Singgalang 2024, bertempat di Polres Dharmasraya, Senin (01/4).

Operasi Ketupat Singgalang akan berlangsung dari tanggal 4 April hingga 16 April 2024. Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyampaikan, Operasi Ketupat Singgalang dibentuk untuk menyatukan langkah agar Dharmasraya tetap aman dan kondusif selama Cuti Lebaran Idul Fitri 1445 H.

‘’Arus mudik akan segera padat merayap. Dharmasraya sebagai perlintasan berbagai tujuan arus mudik harapannya siap dengan kondisi jalan kondusif, kelistrikan andal, suplai material yang diperlukan cukup, lokasi rest area yang memadai, dan lain sebagainya. Mari seluruh instansi bekerjasama mengawal ini,’’ sampainya.

Dari sisi kelistrikan, Riska mempercayakan PLN untuk mengawal kesiapan suplai pasokan listrik di Dharmasraya dari menjelang Idul Fitri, Idul Fitri berlangsung, hingga arus balik. Riska berharap, Dharmasraya tetap benderang sehingga masyarakat dapat beribadah dan menjalankan hari raya dengan hikmat dan nyaman.

Abdul Azis, Manager PLN UP3 Solok, di tempat terpisah menyampaikan, kondisi kelistrikan di Dharmasraya pada umumnya aman dan andal.

‘’Dharmasraya terhubung dalam interkoneksi Sumatera, yang mana pasokan masyoritasnya berasal dari Sumatera Barat. Pasokan kelistrikan kita cukup dan andal. PLN juga membentuk Posko Siaga Idul Fitri dari tanggal 3 hingga 19 April 2024 untuk mengawal kelistrikan, dimana salah satu Posko berada di Dharmasraya,’’ sampainya.

PLN Sumbar, jelas Azis, memiliki pasokan kelistrikan 749,83 MW, dimana pada kondisi beban puncak atau pemakaian tertinggi baru terpakai hingga 617,80. Masih ada cadangan daya 132,03 MW atau 21,37% yang siap untuk menyuplai lonjakan pemakaian listrik selama libur panjang lebaran.

‘’Insyaallah PLN siap bersama seluruh Forkopimda mengawal suksesnya Operasi Ketupat Singgalang Tahun 2024. Kami akan upayakan listrik yang terang benderang,’’ sebut Azis mengakhiri.*