FK-IJK Sumbar salurkan bantuan senilai Rp243 juta lebih untuk korban banjir di Pessel

id FK IJK, bantuan bencana, wagub, berita pessel

FK-IJK Sumbar salurkan bantuan senilai Rp243 juta lebih untuk korban banjir di Pessel

Foto bersama FK-IJK Sumbar dan Wagub Audy Joinaldy, usai penyerahan bantuan senilai Rp.243.250.000 untuk korban banjir di Pessel, Selasa (19/3). (ANTARA/HO)

Padang (ANTARA) - Ketua Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FK-IJK) Sumbar Gusti Candra menyerahkan Bantuan Bencana Banjir Sumatera Barat berupa perlengkapan kebutuhan sehari-hari senilai Rp.243.250.000 kepada Wakil Gubernur Sumbar di Istana Gubernuran Jl. Sudirman, Padang, Selasa (19/3).

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua FK-IJK Sumbar Gusti Candra kepada Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, disaksikan para pimpinan lembaga keuangan yang tergabung di FK-IJK.

Antara lain tampak hadir Pembina FK-IJK Sumbar sekaligus Kepala OJK Sumbar Guntar Kumala, Ketua Perbarindo Sumbar Syofian Sara, Kepala Cabang PT Asuransi Bangun Askrida Padang Roni Krysbansi, Pemimpin Bank Nagari Cabang Utama sekaligus Sekretaris FK-IJK Sumbar Roni Edrian, Area Head Bank Mandiri Area Padang Oktariza, Pemimpin Bank Nagari Cabang Syariah Padang Heri Fitrianto, Ibnu Fadhil Direktur Utama Jamkrida Sumbar, Mira AAUI Sumbar, SSBV, Antonius Dirut Dana Pensiun Bank Nagari, Perbanas, Dana Pensiun PT Semen Padang, Jamkrindo Cabang Padang, BNI Wilayah 02, Perbanas, BEI Padang, Okta Wiryawan PT. Taspen, serta beberapa pimpinan perbankan di Padang yakni Bank Mestika, Bank BCA, Bank Mandiri Taspen, Bank BRI, dan Dinas Sosial Sumbar diwakili Suyanto Sekdis Beserta BPBD Sumbar.

Ketua FK-IJK Sumbar Gusti Candra yang juga merupakan Pjs Direktur Utama Bank Nagari pada kesempatan itu menyebutkan, FK -IJK merupakan kumpulan perusahaan/institusi dan lembaga pendukungnya yang berusaha di bidang jasa keuangan.

"Penyerahan bantuan lanjutan ini untuk korban bencana banjir dan longsor yang terjadi di Sumbar, khususnya di Pessel pada tanggal 07 Maret 2024 lalu. Karena hingga saat ini para korban banjir belum bisa beraktivitas secara normal kembali," kata Gusti Candra.

Bantuan yang terkumpul senilai Rp.243.250.000 dari Ikatan Pegawai OJK dan IJK di Sumbar tersebut, sesuai masukan dari BPBD Sumbar diserahkan berupa peralatan memasak, peralatan makan, kebutuhan tidur, perlengkapan ibadah, kebutuhan anak/balita, perlengkapan mandi,tangki air 500 liter, peralatan kebersihan, pakaian dalam, bahan pangan dan sembako serta pakaian layak pakai.

"Semoga bantuan ini dapat meringankan beban warga sekaligus memberikan semangat untuk bisa pulih dan bangkit lagi pascabencana banjir. Mudah mudahan kondisi banjir seperti ini cepat berlalu dan tidak ada banjir susulan," kata Gusti Candra.

Pembina FK-IJK yang juga Kepala OJK Sumbar Guntar Kumala menyebutkan bantuan ini merupakan bantuan spontan dari berbagai instansi keuangan di Sumbar. "Ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap bencana di Sumbar. Semoga bisa meringankan beban para korban banjir, dan bagi kami, semoga tradisi kepedulian ini bisa selalu terjaga," kata Guntar Kumala.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy yang melepas keberangkatan tiga truk yang berisi bantuan, pada kesempatan itu memberikan apresiasinya kepada FK-IJK. Ia menyebutkan banjir dan longsor yang terjadi di Sumbar paling parah dialami Pessel. Ada 5.000 rumah terdampak pada 12 kecamatan terdampak di sana.

"Hari ini kami juga dapat konfirmasi bahwa ruas jalan di Pessel yang amblas akibat diterjang banjir akan diperbaiki. Sebab, jalan ini sangat vital sekali bagi lalulintas Padang ke Pessel," katanya.

"Salut dengan FK-IJK yang kompak. Dalam waktu singkat bisa mengumpulkan bantuan sebanyak ini," kata Audy.*