Pemkab Agam gandeng perguruan tinggi benahi destinasi wisata

id Pemkab Agam ,Objek Wisata Pincuran,Berita agam,Berita sumbar

Pemkab Agam gandeng perguruan tinggi benahi destinasi wisata

Objek Wisata Pincuran Gadang Kecamatan Matur, Kabupaten Agam. Dok HO/Humas Pemkab Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengandeng Universitas Metamedia Kota Padang dalam membenahi destinasi wisata yang ada di Kecamatan Matur, agar menjadi tujuan kunjungan bagi wisatawan.

Camat Matur Subchan di Lubuk Basung, Selasa, mengatakan Universitas Metamedia Padang bakal melakukan pendampingan dalam pengembangan destinasi wisata di Kecamatan Matur.

"Kecamatan Matur cukup banya destinasi wisata yang perlu dapat pendampingan dari pihak lain, sehingga menjadi tujuan kunjungan bagi wisatawan," katanya.

Ia mengatakan kerja sama ini berawal dari salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Metamedia Padang melakukan kegiatan di Jorong Batu Baselo, Nagari Matur Hilir, Kecamatan Matur.

Di daerah itu, UKM Universitas Metamedia melaksanakan rehabilitasi sarana prasarana objek wisata di Batu Baselo.

Melihat potensi yang ada, ia berinisiatif untuk menghubungi pihak Universitas Metamedia Padang agar bisa bekerja sama mengembangkan potensi wisata yang ada di Kecamatan Matur.

Ia meminta pihak kampus untuk menjadi pendamping dalam pengembangan destinasi wisata untuk menjadikan Jorong Batu Baselo ini menjadi desa wisata.

“Alhamdulillah pihak kampus setuju untuk bekerja sama dan menjadi pendamping dalam pengembangan Desa Wisata Batu Baselo. Direncanakan Desa Wisata Batu Baselo ini akan di luncurkan sebelum Ramadhan nanti,” katanya.

Ia berharap dengan adanya pendampingan dari Universitas Metamedia ini, pengelolaan wisata di Kecamatan Matur bisa lebih baik.

“Dengan pengelolaan wisata yang bagus, maka perekonomian masyarakat di sekitar bisa meningkat,” katanya.

Ia mengakui Jorong Batu Baselo ini memiliki beberapa potensi wisata yang bisa di kembangkan, mulai dari wisata alam, religi, budaya dan lainnya.

Batu Baselo ini merupakan kawasan Geopark Ngarai Sianok-Maninjau. Di kawasan tersebut terdapat beberapa destinasi wisata berupa Pincuran Gadang sebagai tempat pemandian, Masjid Tua yang saat ini menjadi cagar budaya.