Puskesmas Rasimah Ahmad Bukittinggi terbaik nasional ramah anak

id Puskesmas Rasimah Ahmad Bukittinggi

Puskesmas Rasimah Ahmad Bukittinggi terbaik nasional ramah anak

Puskesmas Rasimah Ahmad Kota Bukittinggi saat menerima penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI deputi bidang pemenuhan hak anak di Jakarta. (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Prestasi nasional kembali didapatkan Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Kali ini salah satu puskesmas di daerah setempat menjadi yang terbaik di kategori pelayanan ramah anak se-Indonesia.

"Puskesmas Rasimah Ahmad Kota Bukittinggi menjadi puskesmas terbaik di Indonesia dalam pelayanan puskesmas ramah anak," kata Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Jumat.

Penghargaan diserahkan oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI deputi bidang pemenuhan hak anak di Jakarta.

"Puskesmas Rasimah Ahmad, juga menjadi satu dari 18 puskesmas yang terstandarisasi di Indonesia dalam pemenuhan hak anak di bidang kesehatan," kata Wako.

Wako didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Linda Faroza, menyampaikan prestasi demi prestasi didapatkan Kota Bukittinggi di tahun 2023 ini.

"Penghargaan juga banyak diraih dari bidang kesehatan, di penghujung tahun Bukittinggi bertepatan dengan hari jadinya, terimakasih kepada aparatur dan partisipasi warga," kata dia.

Kepala Kepala Puskesmas Rasimah Ahmad, Dewi Susanty menyatakan Puskesmas Rasimah Ahmad mendapatkan prestasi nasional sebagai salah satu wujud peningkatan mutu dan kinerja layanan.

"Kami menyediakan ruang pelayanan dan konseling anak, ruang tunggu atau bermain anak yang berjarak aman dari ruang tunggu pasien serta fasilitas aman lainnya bagi anak," kata Dewi.

"Puskesmas juga menyediakan ruang ASI, tanda peringatan kawasan tanpa rokok, sanitasi lingkungan puskesmas yang sesuai standar, kelengkapan sarana penyandang disabilitas, hingga pelayanan penjangkauan kesehatan anak," pungkasnya.