Lawnas 2023 Pasaman Diprediksi Meriah,Tim Dari Sulawesi dan Jawa Ikut Ambil Bagian

id Lawnas 2023 Pasaman,Bupati Pasaman, Sabar AS

Lawnas 2023 Pasaman Diprediksi Meriah,Tim Dari Sulawesi dan Jawa Ikut Ambil Bagian

Bupati Pasaman, Sabar AS.

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Persiapan Lomba Lintas Alam Wisata Nasional (Lawnas) 2023 Kabupaten Pasaman, hampir dipastikan rampung. Hingga hari ini, Minggu (24/12) tercatat sidah 41 tim terkonfirmasi mendaftar di sekretariat panitia.

Peserta tidak hanya Tim dari Sumatera Barat, namun juga berdatangan dari Makasar, Semarang, Jambi dan beberapa kota lainnya di Indonesia.

Sementara Dinas Kominfo Pasaman tercatat sebagai satu-satunya Tim dari Kabupaten Pasaman yang ikut ambil bagian dalam lomba berhadiah total Rp120 Juta ini.

"Dari pantauan di lapangan dan konfirmasi dengan panitia sekretariat, persiapan Lawnas 2023 Pasaman sudah 'ready' 90 persen. Artinya ivent ini sudah on the track untuk dilaksanakan," ujar Kadis Kominfo Pasaman, Budhi Hermawan, Minggu.

Dijelaskan Budhi, sesuai program prioritas Bupati Pasaman Sabar AS, untuk menjadikan Pasaman sebagai daerah tujuan wisata, ivent lawnas 2023 merupakan sarana yang efektif untuk 'menjual' spot wisata Pasaman yang mayoritas wisata Alam dan Sejarah.

"Peserta akan dilepas secara resmi oleh Bupati Sabar AS tanggal 30 Desember di halaman kantor Bupati Pasaman dan finis esoknya tanggal 31 Desember di taman equator dan Museum Tuanku Imam Bonjol. Route yang ditempuh lebih 30 kilometer, melewati sejumlah spot wisata alam dan sejarah yang ada di Lubuk Sikaping hingga Bonjol," beber Budhi.

Erry Koto salah seorang panitia lapangan memaparkan, pihaknya sudah mempersiapkan route yang akan ditempuh peserta nantinya, mulai dari Kantor Bupati Pasaman hingga ke Museum Tuanku Imam Bonjol.

Dipaparkan Erry, acara pembukaan dilaksanakan pada hari sabtu 30 Desember di halaman Kantor Bupati Pasaman. Setelah dilepas Bupati Sabar AS, peserta langsung menuju Padang Sarai - bukit acek - lubuk mutiara dan istirahat makan siang di lapangan bola kaki Nagari Jambak.

Selanjutnya peserta yang beranggotakan 5 orang per-tim itu melanjutkan perjalanan ke Surau Tuo Jambak - Padang Data - Jirek Kubang dan berhenti di Lapangan Bolakaki koto Tangah untuk istirahat dan bermalan di tenda masing-masing.

Minggu pagi 31 Desember 2023, peserta meneruskan perjuangannya dari Lapangan Koto Tangah menuju Dama Laweh - Aia Tajun Sarasah - Aia Angek - Kampuang Tampang Bonjol - Benteng Imam Bonjol - Lubuak Ambacang.

Kemudian menyeberang sungai ke Mega Wisata Kuliner - Aia Angek Padang Baru - Benteng Bukik Tak Jadi - Kampung Talang - Simpang Limo - Kampung Caniago - Kampung Tangah dan finis di komplek Museum Tuanku Imam Bonjol.

Ditempat yang sama, Hengki Sunardi Sekretariat panitia Lawnas 2023 menambahkan, puncak acara dan pengumuman pemenang akan digelar di Komplek Museum Tuanku Imam Bonjol, sekaligus memaknai peringatan tahun baru 2024 dengan hiburan artis - artis ibu kota dan artis ternama lokal Pasaman.

"Panitia menyediakan hadiah juara I Rp25 juta, juara II Rp20 juta dan juara III Rp15 juta. Kemudin untuk harapan I Rp.10 juta, harapan II Rp.7,5 juta dan harapan III Rp.5 juta. Selain itu juga tersedia hadiah kategori Rp5 juta, untuk tujuh pemenang kategori,masing-masing Tim Favorit, Team Work, Masakan Kreasi, foto terbaik, konten kreator, yel-Yel Ekuator dan Camp Terbaik.

Ditambahkan Hengki, mulai nanti malam, di taman Equator dan Museum Tuanku Imam Bonjol digelar Lawnas Expo 2023 dari tanggal 23 hingga 31 Desember 2023.

"Lawnas expo ini menyajikan produk-produk UMKN Pasaman dan aneka hiburan untuk anak-anak guna mengisi masa liburan sekolah, dan acara ini akan dibuka langsung Bupati Pasaman Sabar AS," tutup Hengki.