Gunung Marapi Sumbar erupsi akibatkan hujan abu di Bukittinggi

id Gunung Marapi erupsi,Berita sumbar,Bukittinggi

Gunung Marapi Sumbar erupsi akibatkan hujan abu di Bukittinggi

Gunung Marapi Sumbar mengalami erupsi Minggu (03/12) (Antara/HO-Dokumen Pribadi)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Gunung Marapi di Sumatera Barat mengalami erupsi pada Minggu siang sekitar jam 14.50 WIB, letusan ini mengakibatkan turunnya hujan abu berupa material pasir halus di Kota Bukittinggi.

"Anak-anak kami menangis menjerit karena kaget mendengar suara keras dari arah Gunung Marapi, awalnya kami fikir itu suara petir, ternyata gunung meletus," kata seorang warga, Widia.

Ia mengatakan tidak lama setelah terdengar erupsi, material berupa pasir kecil berwarna gelap turun seperti hujan.

"Ini juga kami sangka adalah hujan biasa, rupanya abu pasir yang jatuh dari langit, kondisi kami masih panik tidak mau keluar rumah," katanya.

Sementara itu petugas pos Gunung Api di Bukittinggi, Ahmad Rifandi mengungkap masih melakukan monitoring dan pengawasan karena gunung yang tertutup kabut.

"Masih dilakukan pengawasan sampai kini, tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sementara ini 4 menit 41 detik," kata dia

Saat ini Gunung Marapi berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi masyarakat di sekitar Gunung api Marapi dan pengunjung wisatawan tidak diperbolehkan mendaki pada radius tiga kilometer dari kawah atau puncak.