Lubuk Sikaping diguyur Banjir, Sabar AS Intruksikan OPD Terkait Gerak Cepat Penanganan

id Lubuk Sikaping banjir,Bupati Pasaman, Sabar AS ,Berita pasaman,Berita sumbar

Lubuk Sikaping diguyur Banjir, Sabar AS Intruksikan OPD Terkait Gerak Cepat Penanganan

Bupati Pasaman, Sabar AS saat meninjau banjir di jalan Panapa Lubuk Sikaping, Minggu.

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Intensitas hujan yang cukup tinggi akibatkan bencana banjir disebabkan luapan sungai Batang Panapa dan Batang Paninggalan yang terjadi di Kecamatan Lubuksikaping Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, pada Sabtu 2 Desember 2023 malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Bupati Pasaman Sabar AS yang turun meninjau langsung dan gerak cepat intruksikan OPD terkait untuk penanganan kondisi banjir yang melanda Panapa Lubuk Sikaping.

"Upaya gerak cepat wajib dilakukan untuk menyikapi banjir di Panapa Lubuk Sikaping ini. Kita langsung intruksikan OPD untuk penanganan segera atas musibah ini," ungkap Sabar AS dilokasi kejadian, Minggu.

Bupati Pasaman Sabar menjelaskan, hal pertama yang harus dilakukan adalah evakuasi dan pembersihan material kayu dengan menggunakan alat berat agar air lancar dan genangan air kering.

Kedua, pembersihan lumpur di areal banjir termasuk rumah warga dengan alat damkar dan bersama personil TNI-Polri, OPD terkait serta Kwarcab Pramuka, PMI dan masyarakat.

Ketiga, membuat posko dan dapur umum untuk keperluan makan warga dan petugas.

Keempat, melakukan pendataan korban bencana dan distribusi bantuan dari Pemda serta Baznas dan lainnya, dan kelima, adalah kedepan berupaya untuk perbaikan jembatan.

"Selanjutnya, upaya penghijauan di areal perbukitan untuk areal penyangga air," katanya.