Dinas PKUKM Solok lakukan pemeriksaan alat ukur pedagang pasar raya

id Dinas PKUKM Solok, lakukan pemeriksaan, alat ukur, pedagang, pasar raya

Dinas PKUKM Solok lakukan pemeriksaan alat ukur pedagang pasar raya

Dinas PKUKM Kota Solok, Sumatera Barat melalui UPTD metrologi saat melakukan pemeriksaan alat ukur pedagang di Pasar Raya Solok (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DPKUKM) Kota Solok melalui UPTD metrologi melakukan tera/tera ulang terhadap alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) yang dimiliki pedagang pasar raya Solok.

Kepala UPTD Metrologi Kota Solok, Roni Syah Putra di Solok, Rabu mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan jaminan kebenaran pengukuran pada konsumen, sesuai dengan amanat undang-undang nomor 2 tahun 1981 tentang metrologi legal.

Menurutnya kegiatan tera/tera ulang ini juga bertujuan agar para pedagang yang menggunakan UTTP memiliki pengetahuan dan kesadaran pentingnya menggunakan UTTP secara baik dan benar, termasuk kesadaran untuk melakukan tera/tera ulang timbangan yang digunakan untuk kegiatan jual beli secara rutin.

“Dengan pengukuran yang sesuai, maka sebagai jaminan kebenaran selain sebagai perwujudan perlindungan terhadap konsumen, juga merupakan kebutuhan bagi pedagang untuk mendapatkan rezeki yang halal dan berkah serta pembeli bisa loyal berlangganan karena merasa puas dengan transaksi jual beli,” katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan tera dan tera ulang tersebut bertempat di sebelah Pos Pengamanan Pasar Raya Solok.

Di samping itu, salah seorang petugas penera David Lizardo mengatakan pihaknya tidak menemukan kecurangan pada timbangan, namun kebanyakan ditemui adanya kerusakan atau timbangan yang sedikit kurang akurat diakibatkan faktor pemakaian.

"Alhamdulillah, kesadaran pedagang di pasar raya Solok sangat tinggi dalam memperbaiki timbangan mereka,” katanya.

Ia juga mengimbau kalau sekiranya ada pedagang yang ingin mereparasi alat ukur, takar dan timbang, bisa menghubungi UPTD Metrologi Kota Solok atau datang langsung ke Dinas PKUKM.

“Kami siap menjemput timbangan ke rumah sebab kadang ada juga pedagang yang ingin mereparasi atau memperbaiki timbangan tapi tidak ada kesempatan untuk datang ke UPTD,” ucapnya.

Selain itu, salah seorang pedagang di Pasar Raya Solok Joy mengatakan dirinya selalu melakukan peneraan ketika kegiatan ini dilaksanakan oleh UPTD Metrologi Kota Solok, sebab menurutnya keakuratan timbangan sangat berpengaruh dalam transaksi jual beli, terutama kepercayaan dari pembeli terhadap penjual.

“Semoga kegiatan ini selalu berlanjut setiap tahun,” katanya.

Sementara, Kepala DPKUKM Kota Solok Zulferi mengucapkan terima kasih kepada UPTD metrologi dan semua pihak yang terlibat menyukseskan pelayanan tera dan tera ulang kepada pedagang.

Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut ke depannya menjadikan Kota Solok sebagai kota yang tertib ukur dan aman dari kecurangan penimbangan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.