Kumenkumham Sumbar gelar rapat pengumpulan data tingkatkan kualitas JDIH

id Kumenkumham Sumbar,Berita sumbar

Kumenkumham Sumbar gelar rapat pengumpulan data tingkatkan kualitas JDIH

Kumenkumham Sumbar gelar rapat pengumpulan data tingkatkan kualitas JDIH

Padang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatra Barat (Sumbar) melaksanakan rapat terkait pengumpulan data dukung aplikasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) dan E-Report serta inovasi yang ada di kantor wilayah pada Selasa (28/11).

Rapat itu digelar demi memantapkan pelaksanaan JDIH untuk pengelolaan dokumentasi dan informasi hukum melalui Bidang Hukum dan Sub-Bidang Penyuluhan Bantuan Hukum dan JDIH Kemenkumham Sumbar.

"Pembangunan JDIH merupakan hal yang terpenting dalam pembentukan jaringan informasi hukum dimana hal ini suatu proses yang berkelanjutan dan tidak pernah berhenti," kata Kakanwil Kemenkumham Sumbar Haris Sukamto mewakili Kepala Bidang Hukum Febriandi.

.

Ia mengatakatan pada rapat yang digelar di

Ruang Rapat Bung Hatta Kanwil itu pihaknya mengangkat tema khusus yaitu “Peningkatan Kualitas Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum demi Pelayanan kepada Masyarakat”.

Menurutnya keberadaan JDIH sebagai penyedia dokumentasi dan layanan informasi hukum merupakan suatu sebab akibat yang muncul bagi penyelenggaraan negara yang baik, akuntabel, bersih dan berwibawa.

Terutama dalam era keterbukaan informasi yang mengedepankan transparansi sehingga mudah diakses oleh masyarakat serta bermanfaat.

“Dalam rapat ini juga kami bahas berbagai isu terkait, salah satunya menyonsong nominasi penghargaan JDIH Tahun 2024” katanya.

Febriandi berpesan kepada setiap divisi di Kemenkumham Sumbar agar menyampaikan informasi ataupun bahan data dukung terhadap JDIH, serta menyamakan persepsi terkait data dukung sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

"Untuk mengikuti perkembangan zaman juga mengatakan agar terobosan berupa inovasi atau adopsi teknologi yang diinovasikan JDIH sangat diperlukan," katanya.

Terobosan atau inovasi terkait JDIH juga harus diunggah sesegera mungkin dan terkait dengan E-Report dilakukan satu kali setiap tahunnya.