Dinkes Agam pemeriksaan kesehatan secara gratis meriahkan Hari Kesehatan Nasional 2023

id Dinkes Agam ,Berita agam,Berita sumbar

Dinkes Agam pemeriksaan kesehatan secara gratis meriahkan Hari Kesehatan Nasional 2023

Petugas kesehatan Kabupaten Agam sedang memeriksa salah seorang warga, Rabu (15/11). Dok Diskominfo Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Sumatra Barat melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis bagi seluruh ASN dan masyarakat dalam mencegah penyakit diabetes dan hipertensi untuk memeriahkan Hari Kesehatan Nasional ke-59 dan Hari Diabetes Sedunia di Gor Rang Agam, Rabu (15/11)

Kepala Dinas Kesehatan Agam Hendri Rusdian di Lubuk Basung, Rabu, mengatakan Dinkes Agam menyediakan tiga stand untuk tes kesehatan yang pemeriksaannya berupa tes gula darah, tes tensi, tes berat dan tinggi badan.

"Kita juga menyediakan stand khusus pemeriksaan kesehatan mental yang berupa tes melalui pengisian kuisioner," katanya.

Ia mengatakan pemeriksaan kesehatan itu dalam rangka agar seluruh ASN dan masyarakat mengetahui bagaimana kondisi kesehatannya, sehingga dapat melakukan pencegahan lebih dini

“Kita berharap seluruh ASN dan masyarakat sehat semuanya dan dapat melakukan tugasnya dengan baik dan lancar,” katanya.

Hendri mengimbau masyarakat untuk rutin memeriksa kesehatan, sehingga dapat mengantisipasi kondisi kesehatan yang tidak diinginkan, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

"Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, dapat kita antisipasi dari awal. Kita juga mengadakan kegiatan aksi bergizi, kegiatan olahraga dan kegiatan kesenian saat pemeriksaan kesehatan secara gratis," katanya.

Salah seorang peserta, Rinaldi merasakan manfaat setelah mengikuti program ini dan Ia dapat mengetahui kondisi kesehatan, sehingga bisa mengantisipasinya.

“Saat tes gula darah, informasi dari petugas kesehatan mengatakan gula darah saya tinggi. Disamping itu petugas mengatakan langkah yang harus saya lakukan mengatur pola makan, pola tidur dan melaksanakan olahraga," katanya.

Ia berharap program pemeriksaan kesehatan secara gratis diadakan setiap saat dan lebih ditingkatkan dengan adanya pemeriksaan tambahan selain tes gula darah.