Pemkot Solok lakukan gerakan panen raya padi cegah dampak El Nino

id Pemkot Solok, lakukan gerakan, panen raya padi, cegah, dampak El Nino,Solok

Pemkot Solok lakukan gerakan panen raya padi cegah dampak El Nino

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) persiapan gerakan panen raya padi di Kota Solok, Sumbar (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat melakukan gerakan panen raya padi yang telah ditanam di seluruh lahan persawahan untuk menyiasati dampak negatif fenomena El Nino yang melanda hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Kepala Dinas Pertanian Kota Solok Zulkifli di Solok, Selasa, mengatakan ,selain menyiasati dampak negatif fenomena El Nino, gerakan panen raya padi juga bertujuan untuk menanggulangi inflasi dan menjamin ketersediaan pangan, terutama tanaman padi di daerah itu.

Gerakan panen raya itu yang akan dilaksanakan pada 17 November 2023 itu dimaksudkan untuk memberikan apresiasi dan motivasi kepada petani Kota Solok yang tetap semangat dan mampu melaksanakan usaha tani, meski secara nasional Indonesia juga terdampak El Nino.

"Perkembangan pertumbuhan padi akan selalu dipantau, survei dan monitoring akan dilaksanakan setiap hari di sawah calon lokasi untuk mempersiapkan acara panen raya ini,” kata Zulkifli.

Berkaitan dengan acara panen raya tersebut, Dinas Pertanian Kota Solok berkolaborasi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Sekretariat Daerah Kota Solok untuk mempersiapkan acara panen yang rencananya akan dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi.

"Selain itu, juga akan dihadiri pejabat Dinas Perkebunan Tanaman Pangan Hortikultura Provinsi Sumbar, Dinas Pangan Provinsi Sumbar, Forkopimda Provinsi Sumbar, Forkompimda Kota Solok, LKAAM, Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan seluruh kelompok tani di kota Solok," ucap dia.

Menurut ida, padi yang akan dipanen tersebut telah di tanam sejak bulan Juni 2023 lalu, dengan mengoptimalkan pemanfaatan seluruh potensi irigasi dan sarana produksi seperti pupuk, pestisida, dan sarana produksi lainnya.

"Sejalan dengan pepatah orang tua kita dahulu, apa yang kita tanam, itulah yang akan kita tuai," ujar dia.

Ia juga mengatakan, gerakan tanam yang telah dilaksanakan lebih kurang lima bulan terakhir, telah menampakkan hasil yang akan dipanen.

Sebelumnya, dalam rapat persiapan panen raya tersebut, Wali Kota Solok Zul Elfian Umar mengapresiasi kegiatan yang merupakan kolaborasi seluruh OPD dan kelompok tani tersebut.

“Kita juga harus semangat dan berterima kasih dengan respon positif yang diberikan oleh Dinas Perkebunan Tanaman Pangan Hortikultura Sumbar yang juga berpartisipasi memberikan bantuan berupa sokongan anggaran yang dapat membantu beberapa kebutuhan acara panen raya ini,” ujarnya.