Pemprov Sumbar tingkatkan kualitas pelayanan kesehatan mata

id Masuk Surga,inovasi,sumbar

Pemprov Sumbar tingkatkan kualitas pelayanan kesehatan mata

Gubernur Sumbar, Mahyeldi tinjau fasilitas UPTD BKIM Sumbar. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan mata kepada masyarakat, salah satunya melalui Program Masuk Surga dari UPTD Balai Kesehatan Indera Masyarakat (BKIM).

Gubernur Sumbar Mahyeldi di Padang, Senin, mengatakan Program Memberikan Akses Mudah dan Komprehensif kepada Seluruh Warga atau Masuk Surga tersebut memberikan banyak kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan mata.

"Melalui inovasi ini layanan yang diberikan lebih baik, bebas ribet dan bisa diakses secara daring, sehingga lebih memudahkan masyarakat, ujarnya.

Ditambah lagi, kata dia, UPTD BKIM yang berada di bawah Dinas Kesehatan Sumbar itu juga sudah memiliki SDM khusus spesialis mata dengan peralatan yang memadai.

Ia berharap meningkatnya kualitas pelayanan juga akan memberikan efek positif terhadap kualitas kesehatan mata masyarakat Sumbar.

Menurutnya, Program Masuk Surga juga menjadi salah satu upaya dalam mempercepat persiapan BKIM Sumbar untuk segera bertransformasi menjadi Rumah Sakit Khusus Mata di Sumbar.

"Pelayanan BKIM juga semakin berkembang lewat kerja sama yang terjalin dengan BPJS Kesehatan untuk operasi bedah mulut, yang juga berpotensi mendongkrak pendapatan UPTD BKIM," katanya.

Ke depan, kata dia, pelayanan tersebut juga diharapkan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang selama ini didominasi oleh pajak kendaraan bermotor.

Program Masuk Surga itu menjadi salah satu program yang masuk dalam 10 besar inovasi terbaik versi Innovative Government Award (IGA) 2023.