Gandeng AIPKIND, Kebidanan Unand gelar workshop "Setting" Model Praktik

id Kebidanan Unand, klinik paktik, bidan

Gandeng AIPKIND, Kebidanan Unand gelar workshop "Setting" Model Praktik

Foto bersama usai workshop setting model praktik di Dapartemen Kebidanan FK Unand. (ANTARA/HO-SB)

Padang (ANTARA) -

Departemen Kebidanan Universitas Andalas (Unand) menggandeng Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND) saat menggelar workshop setting model praktik.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari pada 25-26 September 2023 dibuka oleh Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran Unand yakni Dr. dr. Efrida, Sp.PK(K), M.Kes.

Ketua Ketua Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND) Dra. Jumiarni Ilyas, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan keberadaan klinik kebidanan di Departemen Kebidanan Unand menjadi sebuah terobosan baru dalam menerapkan model praktik kebidanan yang terstandarisasi dan diharapkan dapat bisa berjalan secepatnya.

Peserta dalam kegiatan ini yakni dosen-dosen di Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Ketua pelaksana dalam kegiatan ini adalah Laila Rahmi, S.SiT, M.Keb serta didukung penuh oleh Ketua Departemen Kebidanan yakni Yulizawati, S.ST., M.Keb.

Sementara pemateri dalam workshop kali ini yaitu Dra. Jumiarni Ilyas, M.Kes, Yetty Leoni M. Irawan, M.Sc, dan Cesa Septiana Pratiwi, M.Mid., Ph.D.

Materi dari workshop ini menekankan bahwa bidan harus memiliki kualifikasi yang sesuai dengan filosofi asuhan kebidanan yang menekankan asuhan yang berpusat pada perempuan (Woman-centred care).

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualifikasi bidan tersebut dengan menerapkan model asuhan kebidanan yang berkelanjutan (Continuity of Care/ CoC) dalam setting model praktik yang akan dilakukan.

Caseload Model of Midwifery Care menjadi salah satu model CoC yang menjadi harapan untuk dapat dilakukan oleh Departemen Kebidanan Unand.

Pada akhir sesi, peserta diminta membentuk empat kelompok dengan pembagian kelompok Praktik Mandiri Bidan, klinik, rumah sakit, dan tim riset.

Semua kelompok membahas konsep setting model praktik kebidanan yang bisa dilaksanakan dalam beberapa tahun kedepan.

Dalam berdiskusi, semua kelompok juga didampingi oleh para expert yakni narasumber yang senantiasa memberikan masukan, saran, dan dukungan dari rencana-rencana yang sudah dirancang oleh para peserta workshop. *