Maulana dan Justine terpiih sebagai Uda dan Uni Duta Wisata Agam

id Uda dan Uni Duta Wisata Agam,Berita agam,Berita sumbar

Maulana dan Justine terpiih sebagai Uda dan Uni Duta Wisata Agam

Ketua Dekranasda Agam, Ny Yenni Andri Warman dan Sekretaris Daerah Agam Edi Busti sedang memasangkan selempang ke uda uni. Dok Antara/Yusrizal

Lu (ANTARA) - Maulana Ihsan dari Kecamatan Tanjung Raya dan Justine Nailah dari Kecamatan Lubuk Basung terpilih sebagai Uda dan Uni Duta Wisata Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada 2023 saat grand final di Lapangan Tenis Indoor Lubuk Basung, Senin (18/9) malam.

Atas keberhasilan itu, uda dan uni itu mendapatkan plakat, sertifikat, beasiswa Rp22 juta, uang tunai Rp2,5 juta dan lainnya.

"Saya mengucapkan selamat kepada Maulana dan Justine yang telah meraih uda dan uni duta wisata Agam 2023," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Syatria di Lubuk Basung, Selasa.

Ia mengatakan, Jayusman dari Kecamatan Palembang dan Raisya Argya Putri dari Kecamatan Kamang Magek terpilih menjadi uda uni wakil satu, Hamzah dari Kecamatan Ampek Nagari dan Nurul Alma Rahma dari Tanjung Raya terpilih menjadi uda uni wakil dua.

Untuk uda uni harapan diraih oleh Arifin Putra dari Kecamatan Sungai Pua dan Zakia Jumazi dari Kecamatan Matur, uda uni berbakat diraih oleh Aldioni Marchelda dari Kecamatan Palembang dan Puan Nabila dari Kecamatan Tilatang Kamang, serta uda uni favorit diraih Yoga Yoshiro dari Kecamatan Palembang dan Nurfadila Zahra dari Kecamatan Tanjung Raya.

"Ada 10 uda dan 10 uni masuk dalam grand final. Ini merupakan hasil seleksi yang telah dilakukan oleh dewan juri yang mempunyai kompeten di bidangnya," katanya.

Ia mengatakan, dalam mengikuti seleksi uda uni 2023, peserta diharuskan mempersiapkan berbagai materi mengenai pariwisata, etika dan kepribadian, public speaking.

Setelah itu Bahasa Inggris, adat, budaya, organisasi, kepemimpinan, baca Al Quran dan pengetahuan umum.

Ketua Dekranasda Agam, Ny Yenni Andri Warman menambahkan uda uni yang terpilih untuk bisa mempromosikan potensi wisata yang ada di Agam.

“Kami meminta duta wisata berperan aktif mempromosikan wisata, peran uda uni sangat penting untuk kemajuan wisata untuk membantu pemerintah gelorakan semangat #ayokeagam,” katanya.

Sekretaris Daerah Agam Edi Busti menambahkan Agam memiliki potensi wisata yang sangat lengkap mulai dari wisata alam, sejarah, religi dan kuliner.

Untuk itu, keberagaman potensi ini tentunya harus dikemas dengan baik melalui sosok marketer kreatif dan inovatif untuk memasarkan potensi wisata di Agam.

"Itu yang kita harapkan dari uda uni Duta Wisata Agam dalam memasarkan potensi wisata yang kita miliki,” katanya.