Polres Tanah Datar terjunkan 200 personil amankan pilwana serentak 2023

id Polres Tanah Datar,berita tanah datar,berita sumbar, pilwana serentak 2023 tanah datar

Polres Tanah Datar terjunkan 200 personil amankan pilwana serentak 2023

Kapolres Tanah Datar AKBP Derry Indra S.I.K (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar (ANTARA) - Kepolisian Resort (Polres) Tanah Datar, Sumatera Barat terjunkan 200 personel untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari (pilwana) atau Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada 26 September 2023 mendatang.

"Kami dari Polres siapkan personel sebanyak 200 an untuk amankan pilwana, mulai nanti pada masa kampanye sampai pemilihan disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS)," kata Kapolres Tanah Datar AKBP Derry Indra S.I.K di Batusangkar, Rabu.

Dia mengatakan, untuk saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi terkait dengan rangkaian Pilwana di Kabupaten Tanah Datar.

Pihaknya juga telah melakukan pemetaan terkait dengan potensi kerawanan yang akan terjadi. Hasil pantauan, sebanyak 54 nagari yang akan mengikuti pilwana serentak semuanya masih terpantau aman dan kondusif.

"Kita juga sudah melakukan pemetaan potensi apa yang menjadi kerawanan, kita tetap monitor karena potensi kerawanan pasti ada, baik kerawanan masyarakat maupun disaat pemilihan, sementara untuk daerah sampai saat ini masih landai," kata dia.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra, mengatakan kepada masyarakat Tanah Datar untuk pada pemilihan wali nagari untuk menciptakan pilkada badunsanak.

"Jangan sampai para pendukung masing-masing wali nagari ada salah paham dan antar bertetangga tidak saling tegur sapa," kata dia.

Bupati mengatakan, terkait dengan potensi kerawanan di nagari yang menyenangkan Pilwana sampai saat ini masih aman dan damai.

"Akhir-akhir ini kami berkeliling ke nagari dan selalu memberikan imbauan mari ciptakan pemilu badunsanak. Kami juga mengimbau kepada Panitia Pemilihan Wali Nagari (PPWN) agar melakukan kegiatan positif dengan melibatkan semua calon wali nagari, tanpa menyisihkan salah satu," kata dia.