Disperindag Sumbar jalin komunikasi dengan ITPC Chennai untuk promosi gambir

id Disperindag Sumbar, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sumbar, Novrial, gambir

Disperindag Sumbar jalin komunikasi dengan ITPC Chennai untuk promosi gambir

Zoom meeting yang digelar Disperindag Sumbar dengan ITPC Chennai terkait gambir. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Barat menjalin komunikasi dengan Indonesia Trade Promotion Centre (ITPC) Chennai India untuk mengembangkan produk dan mempromosikan gambir dari provinsi itu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar, Novrial di Padang, Sabtu mengatakan ITPC adalah perwakilan promosi Kementrian Perdagangan RI di India yang diharapkan bisa menjembatani pengembangan produk dan memperluas pasar gambir dari Sumbar.

"Kita sudah menjalin komunikasi dan mendiskusikan tentang variasi pemanfaatan gambir di India, pelaku impor di India dan kemungkinan untuk mendapatkan informasi harga pembelian bulanan gambir di India," katanya.

Ia menyebut komunikasi dengan ITPC itu merupakan upaya mengakselerasi tugas Tim Percepatan Pengembangan Gambir Sumatera Barat yang diminta oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi.

Novrial menyebut, ITPC Chennai diyakini bisa mendapatkan informasi apakah gambir Sumatera Barat sesampainya di India diolah kembali untuk di jual di pasar Eropa, Amerika dan Asia Timur sebagaimana informasi sejauh ini, atau hanya di konsumsi atau digunakan untuk pasar dalam negeri India.

Dengan adanya informasi pemanfaatan, variasi produk olahan, importir dan harga secara reguler, diharapkan para eksportir di Sumbar dapat memperluas pasar dan meningkatkan keuntungan.

Dengan demikian ke depan juga bisa diharapkan harga di tingkat petani produsen di Sumatera Barat juga akan semakin bagus.

Ia mengatakan Disperindag Sumbar akan terus mengupayakan mendapatkan berbagai informasi sejenis baik dari pasar tradisional seperti India, Pakistan dan Bangladesh, maupun dari pasar produk olahan gambir India seperti Jerman, Amerika, Jepang, Perancis dan Italia.

Gambir yang mengandung senyawa Tanin dan Katechin diperlukan untuk industri obat-obatan, kosmetik, penyamak kulit dan pewarna organik.

Zoom meeting yang digelar Disperindag Sumbar pada 27 Juni 2023 dengan Indonesia Trade Promotion Centre (ITPC) Chennai India itu juga diikuti oleh anggota tim yang lain seperti Balitbang, Dinas Perkebunan Tanaman Pangan Hortikultura, Biro Perekonomian, Balai Industri dan Tim Kerja dari Perguruan Tinggi.

Dalam kesempatan itu Direktur ITPC Chennai, Nugroho Priyo menyambut baik inisiatif ini dan siap membantu Sumatera Barat sesuai kesanggupan ITPC Chennai, sekaligus menawarkan berbagai program bussiness matching antara buyer di India dengan seller di Sumatera Barat.*