Mensos Tri Rismaharini bantu penderita hidrosefalus

id Tri Rismaharini

Mensos Tri Rismaharini bantu penderita hidrosefalus

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengajak penderita hidrosefalus, Ziban (7) yang tinggal di Bekasi, Jawa Barat berinteraksi pada Jumat (23/6/2023). (ANTARA/HO-Kemensos RI)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Tri Rismaharini membantu penderita hidrosefalus berusia tujuh tahun yang tinggal di Bekasi, Jawa Barat, mendapatkan terapi yang dibutuhkan.

Saat mengunjungi Sentra Terpadu Pangudi Luhur di Bekasi pada Jumat (23/6), Menteri Sosial mengatakan bahwa Ziban, anak usia tujuh tahun yang sejak lahir menderita hidrosefalus, merespons saat dia ajak berinteraksi.

"Dia sudah mulai terangsang ini Bu. Saya beri mainan, dia ketawa. Saya ajak ngomong, dia respons, diajak interaksi terus ya di rumah," kata Risma kepada Ibu Ziban, Dayyinah (27), sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian di Jakarta, Sabtu.

Menteri Sosial lantas meminta jajaran petugas Kementerian Sosial membantu Ziban mendapatkan terapi rutin yang dibutuhkan.

"Tolong ini dibantu dibawa ke fisioterapi ya, biar rutin terapi. Masih kecil ini, harusnya masih bisa diterapi," katanya.

Keluarga Ziban tergolong tidak mampu. Ayahnya, Ade Iwan (32), hanya buruh harian lepas dengan penghasilan tidak menentu.

Anak yang menderita hidrosefalus sejak lahir itu sudah pernah mendapat tindakan operasi di RSUD Gunung Jati Cirebon dengan bantuan komunitas sosial.

Setelah operasi, Ziban semestinya rutin menjalani pemeriksaan dan terapi. Namun, hal itu tidak bisa dilakukan karena orang tuanya tidak mampu membiayai.

Setelah menerima informasi mengenai kondisi Ziban, Menteri Sosial pada Maret 2023 menginstruksikan kepada pengelola Sentra Phala Marta milik Kementerian Sosial di Sukabumi untuk membantu Ziban mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indramayu.

Guna membantu membiayai perawatan dan pengobatan Ziban, Kementerian Sosial melakukan penggalangan dana bekerja sama dengan kitabisa.com.

"Tidak bisa hanya dibantu dari jaminan sosial saja, karena itu Kemensos bekerja sama dengan kitabisa untuk membantu meringankan beban para orang tua untuk pengobatan anak-anak mereka," kata Menteri Sosial.

Menteri Sosial telah menyerahkan sumbangan Rp70.154.161 dan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) senilai Rp16.500.000 yang dikelola oleh Sentra Phala Marta untuk membantu Ziban.

Selain itu, orang tua Ziban juga diberi bantuan modal usaha berupa dua kambing dan sarana usaha warung kopi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menteri Sosial bantu penderita hidrosefalus