Rombongan milenial ASEAN farmer kunjungi daerah Kabupaten Solok

id Rombongan, milenial ASEAN farmer, kunjungi daerah, Kabupaten Solok

Rombongan milenial ASEAN farmer kunjungi daerah Kabupaten Solok

Bupati Solok Epyardi Asda bersama rombongan milenial ASEAN farmer kunjungi daerah Nagari Sirukam, Kabupaten SolokĀ (ANTARA/HO-Diskominfo)

Solok (ANTARA) - Field Trip ASEAN Farmer dalam ajang Asean Dialogue Partner's Exchange Farmers Visit yang menjadi bagian dari kegiatan Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan XVI mengunjungi Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, Sumbar.

Bupati Solok Epyradi Asda di Solok, Selasa merasa beruntung karena Nagari Sirukam yang terletak di Kabupaten Solok itu dipilih menjadi tempat sharing informasi di sektor pertanian oleh pusat pelatihan serta seluruh petani ASEAN.

"Semoga kita dapat saling berbagi informasi sehingga dapat bermanfaat dalam mengembangkan sektor pertanian di daerah masing-masing," ujar Epyardi.

Acara dilanjutkan dengan presentasi Oleh Owner Sirukam Dairy Farm tentang fasilitas yang dimiliki, kemajuan teknologi serta potensi wilayah Sirukam Dairy Farm di sektor pertanian dan peternakan.

Selanjutnya Bupati Solok dan Owner Dairy Farm bersama seluruh Peserta Penas Tani melakukan kunjungan lapangan untuk menyaksikan langsung fasilitas dan teknologi yang digunakan oleh Sirukam Dairy Farm.

Selain itu, kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya berupa dialog beberapa isu penting dunia pertanian saat ini, khususnya ancaman krisis pangan akibat El Nino, hingga potensi petani muda atau young agripreneurnext.

Di samping itu, Perwakilan Kementrian Pertanian Muhammad Amin mengharapkan kunjungan tersebut dapat menjadi salah satu bagian yang bermanfaat dan menjadi pembelajaran bagi peserta Penastani.

"Kami sangat mengapresiasi kita berikan atas upaya pemerintah Kabupaten Solok dalam membangun sektor pertanian menjadi lebih baik seperti pada hari ini," ujar dia.

Sebagai pusat pelatihan pertanian akan terus berkomitmen membantu sektor pertanian, oleh karena itu pada kesempatan ini kami hadir bersama Peserta Penas Tani guna bertukar informasi.

Selain itu, kegiatan kunjungan ke Nagari Sirukam tersebut diikuti oleh peserta Pekan Nasional Pertanian yang diikuti oleh perwakilan beberapa negara ASEAN seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina serta dari Negara Jepang dan Amerika (USA).